Jepang Janjikan Pendanaan Rp 15 T untuk Bangun Ekosistem EV di ASEAN

Muhamad Fajar Riyandanu
18 Desember 2023, 12:59
Jepang
ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Dhoni Setiawan/aww.
Sejumlah istri pimpinan negara ASEAN dan Asia Pasifik menaiki kendaraan listrik Angling saat Spouse Program KTT ke-43 ASEAN 2023 di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Pemerintah Jepang menyampaikan komitmen pendanaan senilai US$ 1 miliar atau sekira Rp 15,5 triliun untuk implementasi proyek kerja sama pengembangan ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di kawasan Asia Tenggara dan Jepang. Inisiatif tersebut merupakan hasil keputusan kemitraan bertajuk ASEAN Japan Co-Creation Initiative for the Next Generation Automotive Industry yang menjadi bagian dari KTT Perayaan 50 tahun ASEAN-Jepang di Tokyo.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Indonesia menyerukan kerja sama ASEAN-Jepang sebagai upaya kolaborasi konkret dan bermanfaat langsung bagi masyarakat di kawasan. Kerja sama yang dimaksud yakni pendanaan infrastruktur, transisi energi, transformasi digital, ketahanan pangan dan penguatan rantai pasok.

"Presiden Republik Indonesia menekankan kemitraan strategis komprehensif ASEAN-Jepang yang disepakati September lalu di Jakarta harus menjadi modalitas untuk terus memperkokoh hubungan," kata Retno saat memberikan keterangan pers yang disiarkan oleh Youtube Sekretariat Presiden pada Senin (18/12).

Retno melanjutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyampaikan kerja sama ekonomi ASEAN – Jepang ke depan harus memprioritaskan dua hal. Pertama, penguatan ketahanan pangan dan energi melalui kerja sama teknologi pertanian dan pangan serta investasi alih teknologi untuk mempercepat transisi energi.

Retno menjelaskan, KTT ASEAN-Jepang menghasilkan dua dokumen, yakni Joint Vision Statement dan Plan of the Joint Vision Statement. Dokumen pertama merupakan visi jangka panjang ASEAN yang berbasis pada tiga pilar utama. 

Pilar pertama adalah Heart to Heart Partners Across Generations yang mencakup kerja sama pertukaran pemuda, budaya, dan olahraga. Juga ada dukungan untuk, sains dan teknologi, serta dukungan terhadap Sekretariat ASEAN.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...