Jelang Debat TKN Bicara Pertahanan Siber, Tim Anies Singgung Alutsista

Ameidyo Daud Nasution
7 Januari 2024, 14:43
debat, pertahanan, alutsista
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).
Button AI Summarize

Debat calon presiden akan kembali digelar malam ini dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Jelang capres beradu gagasan, tim sukses juga menjelaskan beberapa isu yang kemungkinan diangkat.

Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Budiman Sudjatmiko mengatakan pasangan ini akan fokus membangun pertahanan siber. Tujuannya untuk menjaga keamanan data dan informasi penting.

"Ini langkah antisipatif untuk merespons serangan dan kejahatan siber," kata Budiman pada Minggu (7/1) dikutip dari Antara.

Budiman mengatakan hingga saat ini Indonesia masih bergantung kepada negara lain untuk hilirisasi data. Oleh sebab itu, sejumlah perbaikan harus mulai dilakukan.

"Dalam konsep Prabowo-Gibran disebut sebagai Device, Data, Network, dan Aplikasi (DDNA)," katanya.

Beberapa pembenahannya adalah menyisipkan pendidikan soal pertahanan siber di sekolah hingga universitas. Budiman mengatakan Prabowo sudah memulai adanya pendidikan tersebut di Universitas Pertahanan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...