Ganjar Tolak Ajakan Bertemu Prabowo untuk Bahas Data Pertahanan

Tia Dwitiani Komalasari
8 Januari 2024, 07:01
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kanan) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut dua Prabowo Subianto saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, kea
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kanan) menyampaikan pendapat disaksikan capres nomor urut dua Prabowo Subianto saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.
Button AI Summarize

 Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menolak ajakan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto untuk bertemu kembali usai debat demi membahas data pertahanan.

"Tidak perlu (bertemu), debatnya itu hari ini. Kenapa mesti besok?" tanya Ganjar usai debat Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) dikutip dari Antara.

Menurutnya, Prabowo tak perlu mengikuti debat bila tak siap. Apabila siap, Prabowo harus mempersiapkan dirinya dengan baik untuk menghadapi debat ketiga Pilpres 2024 ini.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu pun menyinggung pernyataan Prabowo terkait waktu debat yang terbatas, sehingga dirinya tak bisa menjelaskan secara gamblang terkait data pertahanan Indonesia. Menurut Ganjar, justru hal itu merupakan ujian yang palig bagus.

"Maka, kalau Anda tidak mampu tampil, jangan menantang pada ruang lain," katanya.

"Ruang lain nanti ada ruang sendiri. Dan Anda akan berbicara dengan yang lain," tambah Ganjar.

Ganjar menuturkan Prabowo sebagai Menteri Pertahanan acapkali berdebat dengan DPR RI dan publik melihat itu. Kendati demikian, dia merasa berdebat dengan Prabowo cukup sampai di dalam debat Pilpres 2024.

"Maka publik kita minta untuk menilai bahwa saya mengajak untuk membandingkan data dan beliau tidak sanggup," ucapnya.

Sebelumnya, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto bersedia menyediakan waktu untuk berjumpa Ganjar Pranowo. Kesediaan waktu itu untuk membantah data pertahanan yang dikantongi Ganjar.

Prabowo menyebut data yang dibawa Ganjar salah. Sebaliknya, Ganjar menantang Prabowo untuk membantah data yang ia bawa.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...