Jokowi Respons Anies Soal Serangan Personal: Pesannya untuk 3 Capres

Ameidyo Daud Nasution
9 Januari 2024, 17:02
jokowi, anies, debat
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/nz
Presiden Joko Widodo memberikan arahan pada rapat konsolidasi nasional kesiapan Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/12/2023).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo mengklarifikasi pernyataannya soal serangan personal dan masukannya soal debat calon presiden. Jokowi mengatakan pesannya itu tak ditujukan untuk satu calon tertentu.

Jokowi sempat mengomentari debat capres ketiga yang digelar pada akhir pekan lalu. Mantan Wali Kota Solo itu lalu mengatakan pernyataannya itu dilontarkan untuk perbaikan dan evaluasi debat agar lebih baik.

"Saya berbicara untuk ketiga calon," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Selasa (9/1) seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden.

Sebelumnya Jokowi menganggap debat capres ketiga kurang edukatif karena menjadi ajang saling serang secara personal. Presiden juga mengatakan debat akhir pekan lalu menutup substansi dan visi-misi yang ditawarkan ketiga capres.

Menurutnya, perlu ada peraturan tambahan untuk debat selanjutnya. Salah satunya adalah melarang peserta debat menjatuhkan lawan lewat motif personal. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan saling menyerang diperbolehkan asal soal kebijakan atau visi-misi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...