Diduga “Ditekan”, Purnawirawan TNI & Polri Tetap Dukung Ganjar-Mahfud

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
17 Januari 2024, 19:57
Ganjar-Mahfud
Dok Istimewa
Button AI Summarize

Calon Presiden Ganjar Pranowo mengaku, dirinya mendapat laporan bahwa para purnawirawan TNI dan Polri menerima intimidasi untuk tidak hadir dalam acara deklarasi dukungan ke Ganjar-Mahfud di Stadion Bola Basket DBL Arena, Surabaya, Jawa Timur.

"Tadi saya dengar cerita, 'Enggak usah datang, Pak'. Gitu. Sudah disampaikan pada saya," ujar Ganjar usai acara deklarasi, dalam keterangan tertulis, Rabu (17/1).

Akan tetapi, para pensiunan jenderal TNI dan Polri tersebut tidak menghiraukan intimidasi yang diterima. Mereka akhirnya tetap menghadiri acara dan ikut mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar.

Ada sekitar 23 jenderal purnawirawan TNI & Polri yang hadir pada deklarasi dukungan capres-cawapres nomor urut 3. Antara lain, mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Surojo Bimantoro, Marsekal TNI (Purn) Agus Supriatna, Komjen Pol (Purn) Gatot Edi Pramono, dan Irjen Pol (Purn) Ansyaad Mbai.

Selain itu ada Komjen Pol (Purn) Gregorius Gories Mere, Komjen Pol (Purn) Anang Iskandar, Laksamana Madya TNI (Purn) Agus Setiadji, Komjen Pol (Purn) Luki Hermawan dan belasan jenderal lainnya.

Merespon dukungan dari para jenderal purnawirawan TNI-Polri, Ganjar menyatakan dukungan tersebut semakin mempertebal optimisme pasangan nomor 3 dalam menghadapi kontestasi Pemilihan Umum 2024. 

Dia mengakui senang karena didukung purnawirawan dari seluruh matra TNI, Polri, dan pensiunan ASN. "Dukungan ini membuat kita semakin optimistis bertarung dalam pilpres 2024," kata Ganjar.

Adapun dalam acara deklarasi, Ganjar mendapat tongkat komando yang diberikan mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Surojo Bimantoro sebagai simbol kepercayaan untuk memimpin masyarakat. 

Teriakan ‘Ganjar Presiden’ dan lagu 'Terpesona' pun menggema di gedung berisi puluhan ribu massa itu. "Ganjar Presiden! Anak polisi harus dukung anak polisi," teriak para jenderal dan puluhan masyarakat yang hadir dalam acara itu.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...