Rhoma Irama Resmi Deklarasikan Dukungan pada Anies-Muhaimin

Amelia Yesidora
29 Januari 2024, 17:04
rhoma irama, anies, muhaimin
Katadata
Rhoma Irama resmi mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan di JIExpo, Jakarta, Senin (29/1). Foto: Amelia Yesidora.
Button AI Summarize

Ada yang berbeda dalam kampanye akbar paslon nomor urut satu Anies Baswedan hari ini. Raja Dangdut Rhoma Irama memutuskan untuk mendukung pasangan Anies dan Muhaimin Iskandar.

Pengumuman tersebut disampaikan Rhoma saat mengisi acara Desak Anies di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (29/1).  Ia mengajak penggemar Rhoma dan Soneta se-Indonesia turut mendukung AMIN. 

“Saya Rhoma Irama, rakyat Indonesia biasa, yang ingin melihat Indonesia adil dan makmur untuk semua, dengaan ini menyatakan mendukung penuh perjuangan AMIN untuk sejahterakan bangsa,” kata Rhoma.

Bang Haji, panggilan akrabnya, juga menyematkan pesan di akhir deklarasinya. Ia meminta seluruh rakyat Indonesia mencoblos di Tempat Pemungutan Suara dan mengawasi perhitungan suara. 

Bersama Soneta Band, Rhoma juga sempat membawakan 6 lagu dangdut. Mulai dari “Kata Pujangga”, “Perubahan”, “Satu”, “Pemilu Damai”, “Indonesia”, dan “Perjuangan dan Doa”. 

Anies Baswedan bertemu Rhoma Irama
Anies Baswedan bertemu Rhoma Irama (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nz.)

Anies serta Muhaimin kemudian diberikan hoodie putih bertuliskan "Rhomais Pejuang Perubahan for AMIN". Rhomais sendiri adalah istilah bagi penggemar Rhoma Irama. Sebagai gantinya, paslon nomor urut satu ini memberikan rompi denim bertuliskan "Keadilan untuk Semua",

Bila biasanya Anies sendiri menghadiri acara Desak Anies, kali ini ia ditemani wakilnya Muhaimin dalam acara Slepet Imin. " Biasanya saya enggak mau ikut karena takut didesak,” ujar calon wakil presiden nomor urut satu Muhaimin Iskandar

Dukungan Rhoma disambut positif oleh Anies. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu bersyukur bisa didukung oleh legenda musik Tanah Aur.

“Kalau di sana punya bansos, di sini punya Rhoma. Insya Allah Bang Haji Rhoma ini seluruh lagu-lagunya diisi syair bernada perjuangan,” ujar Anies saat ditemui wartawan.

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...