Serba-serbi Debat Capres yang Berlangsung Hari Ini, Ada Ketentuan Baru

Tia Dwitiani Komalasari
4 Februari 2024, 06:45
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Sel
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga.
Button AI Summarize

Debat capres 2024 terakhir akan digelar pada Minggu (4/2)  pukul 19.00 WIB. Debat ini akan menjadi kesempatan terakhir bagi tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk memaparkan visi, misi, dan program kerja mereka sebelum hari pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Debat kelima KPU menampilkan tiga capres, yaitu Anies Baswedan (capres nomor urut 1), Prabowo Subianto (capres nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (capres nomor urut 3). Debat kali ini mengangkat tema Kesejahteraan Sosial, Pembangunan SDM dan Inklusi, dengan meliputi Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Kebudayaan, Teknologi Informasi, Kesejahteraan Sosial dan Inklusi.

Sebelumnya, debat capres pertama Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Debat ketiga capres Pemilu 2024 digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 7 Januari 2024. Setelah itu, debat keempat cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, pada tanggal 21 Januari 2024.

Rangkaian debat capres-cawapres kelima yang akan diselenggarakan di JCC Senayan, pada tanggal 4 Februari 2024 merupakan debat terakhir.

Berikut serba-serbi Debat Capres 2024 Terakhir:

1. Moderator, Siaran, dan Waktu

Debat capres tersebut akan dipandu oleh dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Adapun total keseluruhan durasi debat 150 menit, dengan pembagian 120 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk iklan.

Stasiun televisi penyelenggara debat terakhir adalah TV One, ANTV, Net TV dan Garuda TV. Debat capres 2024 terakhir juga dapat disimak melalui kanal YouTube resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Selain itu, Anda juga dapat mengakses laman YouTube resmi Katadata Indonesia untuk menontonnya.

2. Prabowo Urutan Pertama Sampaikan Visi Misi

Anggota KPU, August Mellaz, mengungkapkan bahwa calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mendapat urutan pertama untuk memaparkan visi, misi, dan program di debat kelima Pilpres 2024.

"Kalau yang terakhir debat keempat kemarin kan dari pasangan calon nomor urut 1. Jadi, nanti akan dimulai dari pasangan calon nomor urut 2 dalam hal ini Pak Prabowo Subianto," ujar Mellaz usai rapat final koordinasi penyelenggaraan debat kelima Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (31/1).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...