Mahfud Bongkar Operasi Tekan Rektor, Diminta Puji Kinerja Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
6 Februari 2024, 11:38
mahfud, rektor, jokowi
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/agr/YU
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menghadiri kegiatan diskusi Tabrak Prof di Sleman, D.I Yogyakarta, Senin (5/2/2024).
Button AI Summarize

Calon wakil presiden nomor urut 2 Mahfud MD mengatakan ada beberapa rektor di perguruan tinggi yang didekati pemerintah. Menurut Mahfud, rektor tersebut diminta untuk membuat pernyataan positif soal kinerja Presiden Joko Widodo.

Mahfud mengatakan rektor-rektor itu diminta mengapresiasi kepemimpinan Jokowi dalam menangani Covid-19. Selain itu, mereka juga diminta memberikan pernyataan bahwa Pemilu 2024 berjalan baik. Rektor juga diminta membuat pernyataan bahwa sekelompok orang tak bisa memaksakan kehendak rakyat.

"Ada rektor-rektor yang langsung diminta membuat video template text yang sudah disiapkan," kata Mahfud dalam akun Twitternya, Selasa (6/2).

Meski demikian, Mahfud mengatakan ada rektor yang menolak mengabulkan permintaan tersebut. Oleh sebab itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut berharap demokrasi bisa terus dijaga.

"Mari bangun Indonesia dengan demokrasi yang bermartabat," katanya.

Meski demikian, belum ada respons Istana mengenai tudingan tersebut. Hingga berita ini ditulis, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana belum merespons pesan singkat Katadata.co.id.

Sebelumnya, sivitas akademika mulai menyuarakan kekhawatiran mereka soal situasi politik saat ini. Sejumlah guru besar di kampus-kampus top Tanah Air mulai muncul di depan publik untuk menyampaikan keprihatinannya soal demokrasi di akhir pemerintahan Jokowi.

Terbaru, Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB) menyuarakan keprihatinannya atas situasi demokrasi saat ini. ITB menyusul Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), hingga Universitas Padjadjaran yang membacakan deklarasi serupa beberapa hari lalu.

"Kesimpulannya: Betapa terancamnya demokrasi ke depan kalau integritas dipertaruhkan," kata Guru Besar Teknik Kimia ITB Prof. Yazid Bindar dalam pernyataannya di Sabuga, Bandung, Jawa Barat, Senin (5/2) seperti disiarkan dalam Youtube.


Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...