Petugas KPPS Magetan, Sukabumi, Medan, Aceh Meninggal Jelang Pemilu

Desy Setyowati
13 Februari 2024, 21:38
petugas kpps meninggal, kpu,
ANTARA FOTO/Ardiansyah/foc.
Pekerja melakukan pengepakan logistik pemilu di gudang logistik pemilu KPU Kota Bandar Lampung, Lampung, Rabu (31/1/2024).
Button AI Summarize

Petugas KPPS atau kelompok penyelenggara pemungutan suara di Magetan, Jawa Timur, Sukabumi, Jawa Barat, Medan Baru, Medan, dan Pidie, Aceh meninggal dunia jelang Pemilu 2024 besok (14/2).

Petugas KPPS di Kabupaten Magetan meninggal dunia diduga akibat kelelahan setelah mengikuti kegiatan persiapan Pemilu 2024.

Sumber Antara menyebutkan, petugas KPPS yang meninggal itu bernama Rita Setyaningsih berusia 41 tahun. Rita merupakan anggota KPPS di Tempat Pemungutan Suara atau TPS 014 Maospati, Magetan.

Rita meninggal pada Senin (12/2). Staf di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Magetan ini mengikuti serangkaian kegiatan persiapan pemungutan suara selama tiga hari berturut-turut, sejak Jumat (9/2) hingga Minggu (11/2) malam Pukul 21.00.

Ia mengeluhkan pusing, tangan kanan kaku dan tangan kiri lemas. Rita Setyaningsih diketahui memiliki riwayat penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Rita dibawa ke Unit Gawat Darurat RSAU Efram Harsana Lanud Iswahjudi Maospati, Magetan. Namun dinyatakan meninggal dunia pada Senin pagi sekitar pukul 04.00 WIB.

Ketua KPU Kabupaten Magetan Fahrudin menyampaikan belasungkawa mendalam. “KPU akan memberikan perhatian kepada para petugas penyelenggara pemilu yang jatuh sakit atau meninggal dunia saat bertugas,” kata dia.

KPU Magetan akan melakukan penggantian dengan menunjuk warga setempat untuk menggantikan tugas Rita.

Guna mencegah kejadian serupa, KPU Kabupaten Magetan akan memberikan makanan tambahan dan vitamin kepada belasan ribu petugas KPPS setempat.

Dua Petugas KPPS di Aceh Meninggal Dunia

Dua petugas KPPS di Kabupaten Pidie, Aceh meninggal dunia pada Senin (12/2) atau menjelang pemungutan Pemilu 2024. Keduanya yakni:

  • Ketua KPPS Kelurahan/Gampong Mane Yusrijal yang bertugas di TPS 8 Kecamatan Mane
  • Anggota KPPS Gampong Barieh Abdurahman yang ditugaskan untuk TPS 2 Kecamatan Mutiara

Komisioner Komisi Independen Pemilihan atau KIP Pidie Edi Kurniawan di Pidie menyampaikan, petugas yang meninggal dunia akan digantikan dengan orang lain sesuai penunjukan dari tokoh masyarakat setempat.

Ia juga belum bisa memastikan apakah kedua petugas KPPS yang meninggal dunia mendapatkan santunan atau biaya perlindungan karena masih dalam pembahasan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...