Hasto Sebut Kekuatan Algoritma Bikin Suara Ganjar hanya Mentok 17%

Amelia Yesidora
8 Maret 2024, 13:13
ganjar, algoritma, hasto
Katadata/Ade Rosman
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan keterangan pers, Rabu (28/1)
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto kembali menyinggung dugaan kecurangan dalam Pemilihan Presiden 2024. Hasto menyebut pihaknya telah bekerjasama dengan pakar IT dan menemukan dua dugaan kecurangan fundamental.

Pertama, ada algoritma yang mengunci perolehan suara Ganjar Pranowo - Mahfud MD maksimum 17%. Kedua, ada program yang mengunci autentifikasi multifaktor untuk mengunggah dokumen C1 padahal seharusnya tidak sembarangan orang mengunggah dokumen itu.

Hasto juga mengatakan ada pencegatan data quick count KPU. Dengan kejadian itu, PDIP bakal melakukan audit forensik dan audit meta C1. Bahkan, para pakar IT menyebut harusnya Pemilu berlangsung dua putaran.

“Kami simpulkan bahwa Pemilu 2024 telah terjadi kecurangan secara terstruktur, sistematis, dan masif sebagai perpaduan Pemilu 1971 dan Pemilu 2009,” kata Hasto dalam diskusi Election Talk ke-empat yang dilaksanakan Universitas Indonesia, Kamis (7/3). 

Selain itu, Hasto menyentil keterlibatan Presiden Joko Widodo dalam pesta demokrasi tahun ini. Ia sempat menyinggung angka empat yang merupakan perpaduan kekuatan untuk menjawab masalah masa depan.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...