Jokowi: Wisma Atlet Siap jadi Rumah Sakit Darurat Corona Besok Malam

Jokowi berjanji bakal meningkatkan rumah sakit. Dia juga meminta agar gedung milik pemda digunakan untuk karantina penderita virus corona.
Dimas Jarot Bayu
20 Maret 2020, 16:53
Jokowi: Wisma Atlet Siap jadi Rumah Sakit Darurat Corona Besok Malam
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Pemerintah tengah menyiapkan Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta sebagai rumah sakit darurat dan tempat isolasi untuk merawat para pasien terinfeksi virus corona. Rencananya, gedung tersebut akan mulai digunakan besok malam. 

“Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan rumah sakit darurat penanganan Covid-19 dan rumah isolasi pada Sabtu (21/3) malam,” ujar Presiden Joko Widodo  (Jokowi) melalui video conference dari Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (20/3).

Selain Wisma Atlet, pemerintah menyiapkan Pulau Sebaru di Kepulauan Seribu, Jakarta dan Pulau Galang di Kepulauan Riau sebagai lokasi karantina. Pulau Sebaru sebelumnya digunakan untuk karantina kru kapal pesiar World Dream dan Diamond Princess.

(Baca: Menkominfo: Surya Paloh Sediakan Hotel Bintang 5 untuk Pasien Corona)

Advertisement

Saat ini, fasilitas kesehatan di Pulau Galang juga direnovasi. Jokowi menargetkan renovasi tersebut selesai pekan depan. “Akan selesai dibangun pada Sabtu (28/3),” kata Jokowi.

Ia meminta agar gedung-gedung milik pemerintah daerah bisa digunakan untuk karantina penderita virus corona. Fasilitas itu disiapkan sebagai lokasi cadangan, jika rumah sakit di daerah tak cukup menampung pasien.

“Saya kira daerah memiliki tempat-tempat pendidikan dan pelatihan (diklat) yang banyak. Saya rasa itu bisa dipakai untuk rencana kedua atau plan ketiganya,” kata Jokowi.

(Baca: Wisma Atlet Tampung Pasien Terinfeksi Virus Corona Mulai Pekan Depan)

Ia juga memastikan bahwa kapasitas rumah sakit rujukan yang ada bakal ditingkatkan, baik dari sisi ruangan, peralatan, obat, dan sumber daya manusia (SDM). Sejauh ini, pemerintah melibatkan rumah sakit milik TNI, Polri, dan BUMN untuk penanganan corona.

Sudah ada pula tiga rumah sakit swasta yang terlibat menangani corona, yakni Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua, Rumah Sakit Mitra Keluarga Jati Asih, dan Rumah Sakit Hermina Karawang. “Rumah sakit swasta akan diajak serta berpartisipasi dan ditingkatkan kemampuannya,” kata dia.

Sekadar informasi, pemerintah melaporkan jumlah kasus corona di Indonesia bertambah menjadi 369 orang per hari ini. Kasus baru pada hari ini saja mencapai 60 orang.

Sebanyak 17 pasien sudah dinyatakan sembuh dari corona. Namun, ada 32 pasien yang meninggal dunia akibat covid-19. Rata-rata pasien positif corona yang meninggal dunia berusia 45 hingga 65 tahun.

(Baca: Wisma Atlet Bakal Jadi Tempat Isolasi Pasien Positif Virus Corona)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait