Alasan Pendiri Amazon – Twitter Mundur: Fokus Kripto hingga Antariksa

Pendiri Twitter, Jack Dorsey mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO. Pendiri Amazon Jeff Bezos hingga TikTok Zhang Yiming lebih dulu mundur. CEO Facebook Mark Zuckerberg tak berencana mundur.
Image title
2 Desember 2021, 11:44
Jeff Bezos, amazon, twitter, jack dorsey, microsoft, bill gates, alibaba, jack ma
NASA Robotics Competitions Sheyene Gerardi
Jeff Bezos

Pendiri raksasa media sosial asal Amerika Serikat (AS) Twitter, Jack Dorsey mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO. Dorsey menyusul pendiri Amazon Jeff Bezos hingga pendiri induk TikTok, ByteDance Zhang Yiming yang lebih dulu mundur dari posisi CEO.

Twitter mengumumkan pengunduran diri Dorsey pada Senin (29/11). Posisinya digantikan oleh CTO Twitter Parag Agrawal.

Perusahaan mengatakan, Dorsey akan tetap berada di jajaran dewan sampai pertemuan pemegang saham Twitter pada 2022.

Dorsey mengatakan, alasan ia mengundurkan diri karena yakin perusahaan akan berkembang tanpa pendiri. "Kepercayaan saya pada Parag sebagai CEO Twitter sangat dalam. Karyanya selama 10 tahun terakhir telah transformasional," kata Dorsey dikutip dari The Guardian, Selasa (30/11).

Advertisement

Setelah mundur dari Twitter tahun ini, Dorsey dikabarkan akan fokus berinvestasi di bitcoin. Sebab, Dorsey merupakan penggemar lama bitcoin.

"Jika saya tidak berada di Square atau Twitter, saya akan mengerjakan bitcoin,” kata Dorsey pada Juni, dikutip dari Reuters.

Kegemaran Dorsey pada bitcoin juga diterapkan pada perusahaannya, Squere dan Twitter. Square menjadi salah satu perusahaan publik pertama yang memiliki aset bitcoin di dalam neraca. Squere menginvestasikan US$ 220 juta untuk cryptocurrency.

Daftar pendiri raksasa teknologi lainnya yang mundur dari jabatan CEO:

1. Jeff Bezos

Sebelum Dorsey, pendiri Amazon Jeff Bezos resmi menyerahkan posisi CEO Amazon kepada mantan CEO Amazon Web Services (AWS) Andy Jassy pada Juli. Sedangkan Bezos akan tetap menjadi ketua eksekutif dan pemegang saham terbesar.

Setelah mundur, salah satu orang terkaya di dunia itu bepergian ke luar angkasa pada 20 Juli. Setelah kembali ke bumi, ia berencana mengembangkan wisata luar angkasa meski dikritik banyak pihak.

2. Zhang Yiming

Pendiri sekaligus CEO ByteDance Zhang Yiming juga mengundurkan diri dari jabatannya tahun ini. Ia mundur ketika pemerintah Cina memperketat pengawasan terhadap raksasa teknologi. 

Setelah mundur, Yiming tetap bekerja untuk ByteDance, tapi tidak lagi memegang kendali manajemen. Ia akan beralih peran untuk mengelola bisnis secara lebih strategis.

3. Bill Gates

Pendiri Microsoft Bill Gates mengundurkan diri sebagai CEO pada 2000. Namun, ia masih aktif di perusahaan hingga tahun lalu. Dia kemudian mundur dari posisinya sebagai dewan direksi. 

Microsoft saat ini dijalankan oleh Satya Nadella, yang bertindak sebagai CEO.

4. Jack Ma

Pendiri Alibaba Jack Ma mengundurkan diri sebagai CEO sejak 2013. Ia pensiun dari posisinya sebagai ketua eksekutif pada 2019.

5. Steve Jobs

Pendiri Apple Steve Jobs mundur dari jabatannya sebagai CEO pada 2011. Posisinya digantikan oleh Tim Cook hingga saat ini.

Meski begitu, pendiri Facebook Mark Zuckerberg masih menjabat CEO di perusahaan yang kini bernama Meta. Ia mengatakan, tidak berencana melepaskan jabatannya itu.

"Saat ini, tidak mungkin bagi pemegang saham untuk memaksa saya keluar," kata Zuckerberg dikutip dari The Verge, pada Oktober.

Pendiri Tencent, Ma Huateng juga masih menjabat CEO. Begitu juga dengan CEO Snapchat Evan Spiegel.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait