Bantuan Karhutla Ditolak, Pemprov Diminta Singkirkan Ego Politik

Image title
19 September 2019, 19:08
Petugas Manggala Agni Daops Pekanbaru berusaha memadamkan kebakaran lahan gambut di perkebunan sawit milik warga di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau, Rabu (4/9/2019).
ANTARA FOTO/Rony Muharrman
Petugas Manggala Agni Daops Pekanbaru berusaha memadamkan kebakaran lahan gambut di perkebunan sawit milik warga di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru, Riau, Rabu (4/9/2019).

Aktivis dari Lingkungan Hijau Sumatera Selatan Tri Hadi Sujatmiko meminta pemerintah daerah dapat menyingkirkan ego dan kepentingan politik dalam menangani masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Hal itu diunggapkan menanggapi penolakan bantuan satuan tugas (Satgas) karhutla yang pernah diajukan pemerintah provinsi (Pemprov) DKI kepada Pemprov Riau. 

Ia pun menyarankan, semestinya benturan perbedaan politik seperti ini bisa dihindari pada saat situasi genting. "Perlu dilihat, ketika pemerintah daerah tidak mampu melakukan bantuan, tetapi bantuan orang lain malah justru ditolak," kata Tri di Jakarta, Kamis, (19/9). 

(Baca: Sawit Watch Tuding Pemda dan Pusat Lempar Tanggung Jawab soal Karhutla)

Karenanya, mantan Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumsel itu menyarankan, bantuan juga bisa didistribusikan ke posko yang ada di daerah terdampak. 

"Langsung saja, nanti mereka yang akan mendistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan," sebutnya. 

Sebelumnya, Gubernur  DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan mengirim 65 personel petugas penanggulangan bencana guna membantu pemadaman karhutla Riau. Namun hal itu ditolak oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau, Edwar Sanger. 

Dirinya beralasan, saat ini Pemprov Riau belum membutuhkan bantuan, karena masih memiliki cukup personel untuk menanggulangi masalah tersebut. Hal tersebut juga diamini Wakil Gubernur Riau, Edy Natar.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...