Pemerintah Buka Peluang Peningkatan Ekspor ke Lima Negara Eurasia

Michael Reily
15 Februari 2019, 04:00
Enggartiasto Lukita
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Mendag Enggartiasto Lukita (kiri) didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (31/5).

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menandatangani pernyataan bersama (Joint Ministerial Statement) dengan Menteri Integrasi dan Makroekonomi Komisi Ekonomi Eurasia (EEC) Tatyana D. Valovaya. Ini merupakan tahapan menuju penandatanganan Nota Kerja Sama (Memorandum of Cooperation/MoC)  yang akan dilakukan tahun ini antara Indonesia dengan lima negara Eurasia yaitu Armenia, Belarusia, Kazakhstan, Kirgiztan, serta Rusia.

Enggar mengatakan, tidak mudah melakukan kerja ekonomi bersama dengan Eurasia. Karenanya, kedua belah pihak akan melakukan MoC sebagai upaya pengenalan dan peningkatan perdagangan masing-masing negara.

"Kerja sama dengan kawasan itu tidak semudah kerja sama bilateral. Setidaknya mereka harus punya persepsi yang sama secara internal, tapi kita membuka pintu," kata Enggar di Kementerian Perdagangan, Kamis (14/2). 

(Baca: Indonesia Ratifikasi Perjanjian Dagang ASEAN-Hong Kong melalui Perpres)

Dia menjelaskan, kerja sama bakal menjadi tahap pengenalan para delegasi bisnis antara kedua negara. Sehingga, MoC ini yang  akan menjadi payung dalam kerja sama ekonomi, perdagangan dan investasi Indonesia-Eurasia.

Tak hanya itu, kedua pihak juga mengadakan forum bisnis yang akan mengarah pada penyempurnaan MoC.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...