Terimbas Corona, Alfamart Gratiskan Biaya Sewa untuk UMKM Rp 15 Miliar

Pembebasan biaya sewa tersebut diberikan agar mitra UMKM bisa bertahan di tengah pandemi corona, sekaligus meringankan beban usaha mereka.
Image title
28 April 2020, 21:09
Terimbas Corona, Alfamart Gratiskan Biaya Sewa untuk UMKM Rp 15 Miliar.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi Alfamart di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat (1/7). Alfamart akan membebaskan biaya sewa mitra UMKM yang terdampak corona senilai Rp 15 miliar.

Perusahaan retail PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) dan Alfamidi memberikan keringanan kepada sejumlah mitra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ikut terdampak pandemi corona. Relaksasi itu diberikan berupa pembebasan biaya sewa tenant selama dua bulan dengan total nilai sewa mencapai Rp 15 miliar.

Corporate Affairs Director Sumber Alfaria Trijaya, Solihin mengatakan, UMKM mengalami tantangan yang cukup  besar akibat wabah Covid-19. "Untuk itu, kami membebaskan biaya sewa kepada tenant di depan gerai periode April hingga Mei,” kata Solihin seperti dikutip dari keterangan pers, Selasa (28/4).

Pembebasan biaya sewa tersebut diberikan agar mitra UMKM bisa bertahan di tengah pandemi corona, sekaligus meringankan beban usaha mereka."Sehingga mereka bisa menjalankan usaha meski dalam kondisi yang serba sulit,” katanya.

(Baca: Pameran Waralaba Internasional 2019 Targetkan Transaksi Rp 800 Miliar)

Advertisement

Saat ini, secata total ada lebih dari 12.000 mitra UMKM Alfamart dan Alfamidi. Jenis usaha mitra UMKM pun beragam seperti aneka gorengan, jus buah, minuman ringan, mainan anak, dan sebagainya.

Perusahaan juga mengimbau kepada mitra UMKM untuk mengikuti anjuran pemerintah, seperti mengenakan masker, tidak melayani makan di tempat, dan menerapkan jaga jarak fisik.

 Sepanjang 2019, Alfamart membukukan penjualan sebesar Rp 72,9 triliun, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni sekitar Rp 66 triliun. Sedangkan laba bersih perseroan melesar 41% menjadi Rp 1,13 triliun dibanding tahun sebelumnya Rp 668 miliar.

(Baca: Alfamart dan Alfamidi Pasang Teknologi IoT di 10.500 Gerai Tahun Depan)

Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait