Jumlah Positif Covid-19 Bertambah 3.535, Kasus Tertinggi di Jakarta

Image title
16 November 2020, 17:17
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Petugas tenaga kesehatan beraktivitas di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Minggu (15/11/2020). Ketua Satgas Penanganan COVID-19 sekaligus Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan selama dua minggu terakhir angka kasus konfirmasi positif COVID-19 di Indonesia mengalami peningkatan yang berdampak pada keterisian ruang isolasi yang semula 32 persen saat ini naik menjadi 53 persen.

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Jumlahnya meningkat 3.535 pada Senin (16/11).

Dari jumlah tersebut, DKI Jakarta berkontribusi 1.006 kasus. Kemudian, Jawa Tengah (705) dan Jawa Barat (558).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) mengatakan peningkatan kasus terjadi karena aktivitas libur panjang pada akhir Oktober 2020. Selain itu, ada upaya peningkatan jumlah uji usap (swab test) untuk melacak kasus baru Covid-19.

"Pemprov terus meningkatkan kewajibannya yaitu 3T (tracing, testing, dan treatment)," ujar Riza seperti dilansir dari Antara pada Senin (16/11).

Di sisi lain, Riza mengingatkan masyarakat untuk patuh dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Kedisiplinan terhadap protokol kesehatan harus dijalankan atas kesadaran sendiri, bukan karena pemantauan dari aparat keamanan.

"Ada kesadaran bahwa protokol Covid-19 merupakan suatu kebutuhan yang memang harus kita kerjakan, laksanakan, dan tegakan bersama,"ujarnya.

 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...