Ditemukan Mutasi Virus Corona D614G di Indonesia, Menular Lebih Tinggi

Image title
21 Januari 2021, 20:00
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Wiku mengatakan mutasi virus D614G banyak ditemukan di Indonesia.

Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bahwa varian baru virus corona dari Inggris tidak menyebabkan lonjakan kasus di Tanah Air. Pasalnya, mutasi virus dengan kode B1117 tidak ditemukan di Indonesia. 

Hal itu didapat dari pelacakan genom sequencing  oleh Lembaga Biomolekuler Eijkman. Awalnya, lembaga tersebut melakukan pelacakan dan menemukan 244 whole genom sequencing.

Advertisement

Temuan itu pun diserahkan ke Bank Data Influenza Dunia dan hasilnya menunjukkan tidak ditemukan mutasi virus B1117. "Namun banyak ditemukan mutasi D614G," ujar Wiku dalam konferensi pers secara virtual pada Kamis (21/1).

Adapun mutasi virus corona D614 ditemukan pertama kali di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) pada September 2020. Menurut Tim dari UGM, mutasi virus tersebut memiliki kemampuan menular 10 kali lebih tinggi dan telah tersebar di berbagai negara. 

Dengan kondisi tersebut, Wiku mengajak masyarakat menekan replikasi atau infeksi virus tersebut. Caranya dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement