Bappenas Proyeksi Corona Terkendali September 2021, Bagaimana Caranya?

Image title
9 Februari 2021, 18:52
covid-19, virus corona, vaksin virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/pras.
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan paparan saat Konferensi Pers Akhir Tahun Kementerian PPN/Bappenas di Ubud, Gianyar, Bali, Senin (28/12/2020). Pemerintah optimistis pandemi corona mulai terkendali pada Septembr 2021.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) memproyeksi pandemi corona di Indonesia bisa terkendali pada September 2021. Hal itu bisa terjadi jika reproduksi efektif virus corona ditekan dengan upaya vaksinasi Covid-19.

Berdasarkan perhitungan bersama pemerintah dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, angka reproduksi efektif atau Rt di Indonesia harus turun ke angka 0,9 dari saat ini mencapai 1,2. Salah satu cara untuk menurunkan reproduksi efektif virus corona dengan program vaksinasi.

Dalam perhitungan Bappenas dan UI, pengendalian pandemi dapat dicapai jika 182 juta penduduk berusia di atas 18 tahun divaksinasi mulai 1 Maret 2021. Adapun untuk menurunkan Rt ke angka 0,9, diperlukan vaksinasi minimal mencakup sebanyak 39% dari parameter jumlah penduduk sebesar 182 juta atau sebesar 70,98 juta orang. 

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memberikan gambaran, jika menggunakan vaksin Covid-19 yang dikembangkan Sinovac, efikasi yang dihasilkan sebesar 65% dari dua kali suntik dalam rentang waktu 14 hari. Itu berarti kekebalan tubuh terhadap virus corona sudah terbentuk pada 14 hari setelah suntikan kedua.

Di sisi lain, jumlah vaksinator di Indonesia mencapai 31 ribu orang atau satu petugas bisa menyuntikkan vaksin sebanyak 30 orang. Sehingga total diperkirakan ada 930 ribu suntikan per hari.

Apabila kegiatan vaksinasi berjalan mulus, lanjut dia, maka jumlah vaksin yang disuntikkan mencapai 141,9 juta suntikan kepada 70,9 juta orang dengan target vaksinasi tercapai dalam 167 hari atau sekitar lima hingga enam bulan dari Maret 2021.

“Maka target vaksinasi untuk pengendalian, dalam rangka menekan laju pertambahan kasus supaya Rt tercapai di bawah satu yaitu 0,9, bisa dicapai September tahun ini,” kata Monoarfa dilansir dari Antara pada Selasa (9/2).

Meski demikian, proyeksi itu hanya untuk pengendalian penularan Covid-19 di Indonesia, bukan untuk proyeksi pencapaian kekebalan kelompok atau herd immunity. Untuk mencapai kekebalan kelompok, pemerintah harus memvaksinasi 70% penduduk Indonesia. 

Saat ini jumlah penduduk Indonesia mencapai 269 juta orang. Itu berarti, jumlah orang yang harus divaksinasi mencapai 188,3 juta penduduk yang berusia di atas 18 tahun.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...