Bulog Pastikan Cadangan Beras RI Aman Untuk Menghadapi Pandemi Corona

Image title
20 April 2020, 16:24
cadangan beras, bulog, pandemi corona
ANTARA FOTO/Basri Marzuki/wsj.
Pekerja memanggul beras di gudang Bulog Tondo, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (31/3/2020). Perum Bulog menyatakan cadangan beras pemerintah sangat mencukupi dalam menghadapi ancaman pandemi corona.

Perum Bulog memastikan cadangan beras pemerintah (CBP) mencukupi untuk kebutuhan masyarakat dalam menghadapi pandemi corona di Tanah Air. Menurut data Bulog, hingga 17 April 2020 cadangan beras yang tersisa mencapai 1,41 juta ton.

Direktur Utama Bulog Budi Waseso mengatakan rincian cadangan beras tersebut terdiri dari 1,35 juta ton beras pemerintah dan 56 ribu ton beras komersial. Nantinya beras tersebut akan digunakan untuk konsumsi selama masa pandemi berlangsung.

"Kami sampaikan bahwa posisi stok beras masih sangat mencukupi penyaluran kebutuhan pangan nasional dalam menghadapi ancaman Covid-19," kata dia dalam rapat virtual dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin (20/4).  

Selain beras, Budi menyebutkan cadangan beberapa bahan pokok lainnya dinilai masih aman termasuk beberapa komoditas yang mengandalkan impor. Rinciannya yakni gula pasir konsumsi  9.675 ton, daging kerbau 97 ton, dan minyak goreng 1.198 kilo liter.

(Baca: Harga Beras Sempat Naik, Mendag Klaim Stok Cukup untuk Lebaran)

Kendati demikian, rencana impor daging kerbau sebanyak 5.000 ton dari India pada Maret - Mei 2020 diperkirakan baru akan terealisasi pada tanggal 3 Mei mendatang karena terkendala kebijakan karantina wilayah atau lockdown di negara tersebut.

Adapun untuk pengadaan daging kerbau Bulog telah menerima surat persetujuan impor (SPI) sebayak 100 ribu ton. "Ada juga cadangan bawang merah 0,20 ton, bawang putih 29,69 ton dan telur ayam 79,73 ton," kata dia.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan mekanisme penjualan yang dilakukan Bulog di saat merebaknya pandemi ini dilakukan dengan cara daring (online) melalui e-commerce atau menghubungi pihak Bulog.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...