Kilang Balikpapan akan Produksi BBM Pertamax Series Mulai Maret 2024

Happy Fajrian
5 November 2021, 15:36
kilang balikpapan, pertamina, pertamax, bbm
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Dua orang petugas melintas di area Refinery Unit V Pertamina Balikpapan Kalimantan Timur.

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) menargetkan unit Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan atau Kilang Balikpapan di Kalimantan Timur, sudah bisa memproduksi BBM Pertamax series mulai Maret 2024.

"Kami mendapat amanah unit RDMP Balikpapan yang memproduksi Pertamax series sudah beroperasi pada Maret 2024. Sedangkan unit penghasil BBM dengan oktan 98 ke atas seperti Pertamax Turbo diproduksi akhir 2024," kata Direktur Proyek Infrastruktur PT KPI Suwahyanto, Jumat (5/11).

Advertisement

Suwahyanto mengatakan pihaknya kini melakukan upaya ekstra agar proyek peningkatan kapasitas Kilang Balikpapan bisa terwujud sesuai target. Berbagai percepatan pelaksanaan proyek pun ditempuh, termasuk untuk pengiriman paket peralatan yang butuh waktu lama (long lead item/LLI) yang sebagian besar kini sudah tiba di Balikpapan.

Salah satu peralatan LLI yaitu propylene splitter sudah terpasang pada 25 Oktober 2021. Hal ini menjadi momentum penting mengingat peralatan tersebut sudah dipesan sejak Juli 2019 dan tiba di Balikpapan pada Juli 2021.

"Akhir Oktober 2021 ini progres proyek sudah mencapai 43% dan diperkirakan kegiatan konstruksi RDMP Balikpapan akan mencapai puncaknya (peak construction) pada pertengahan 2022," katanya.

Selain BBM, peningkatan Kilang Balikpapan juga mampu memproduksi produk propylene dengan kemurnian sangat tinggi dan memenuhi syarat sebagai bahan baku pabrik petrokimia poly propylene di Balongan, Jawa Barat.

Suwahyanto menekankan bahwa percepatan RDMP Balikpapan dilakukan untuk menopang ketahanan energi. Dengan peningkatan kapasitas Kilang Balikpapan hingga 100 ribu barel per hari dari saat ini 260 ribu barel per hari, diharapkan Indonesia dapat mengurangi impor BBM secara signifikan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement