SKK Migas Sebut Proyek Lapangan Gas JTB Berpotensi Mundur Tahun Depan

Image title
12 November 2021, 17:15
skk migas, lapangan gas, proyek jtb
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Pekerja beraktivitas di area Proyek Pengembangan Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) usai prosesi Tajak Sumur di Desa Bandungrejo, Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (9/10/2019).

Pengembangan proyek lapangan gas Jambaran Tiung Biru (JTB) berpotensi mundur ke tahun depan. Awalnya proyek ini ditargetkan dapat onstream atau mulai berproduksi pada akhir tahun ini.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno mengatakan pihaknya saat ini tengah berusaha mengejar tiga proyek migas tambahan di tahun ini untuk dapat onstream akhir tahun ini. Salah satunya yakni proyek JTB oleh Pertamina EP Cepu (PEPC).

Namun untuk proyek JTB sendiri, menurut Julius sangat berat untuk dapat onstream tahun ini. Meskipun menurut dia progress dari pembangunan proyek JTB sendiri sudah mencapai 95%.

"Ada kemungkinan (mundur) sudah progress 98-99% pun belum bisa start up untuk onstream. Saat ini progress JTB sudah 95% tetap kita usahakan semaksimal mungkin," kata Julius kepada Katadata.co.id, Jumat (11/12).

Selain JTB, dua proyek lain yang juga ditargetkan rampung akhir tahun ini yakni Proyek SP Bambu Besar (Asso) oleh PT Pertamina EP dan Bukit Tua Phase 3 oleh Petronas Carigali Ketapang II Ltd.

Proyek SP Bambu Besar diperkirakan memberikan tambahan produksi gas sebesar 7 juta standar kaki kubik per hari MMSCFD dan Bukit Tua Phase 3 dapat memberikan tambahan produksi 14 ribu bph minyak dan 30 MMSCFD gas. Ketiga proyek tersebut akan memberikan tambahan produksi minyak sebesar 14 ribu bph dan gas 367 MMSCFD.

"Sampai akhir Oktober ini sudah onstream 12 Proyek, dan masih kita usahakan 2-3 lagi yang akan onstream pada kuartal IV 2021 ini," kata dia. Simak databoks berikut:

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...