Pengembangan Logam Tanah Jarang Fokus pada Monasit yang Melimpah

Muhamad Fajar Riyandanu
11 April 2022, 18:57
logam tanah jarang, monasit
ANTARA FOTO/REUTERS/Patrick T. Fall
Ilustrasi logam tanah jarang.

Pemerintah selama 10 tahun ke depan akan gencar melakukan eksplorasi logam tanah jarang monasit yang dinilai memiliki beragam manfaat seperti bahan baku baterai listik, elektronik, serta lapisan kendaraan militer dan penerbangan.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Taufiek Bawazier, menyebut monasit merupakan logam memiliki nilai tinggi di sektor industri.

“Ini vitaminnya industri, dikatakan jarang tapi secara material dia melimpah,” kata Taufiek saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR pada Senin (11/4).

Taufiek menjelaskan, logam tanah jarang monasit juga digunakan sebagai bahan baku pembuat turbin angin yang menghasilkan energi hijau. “Ada juga potensi untuk pengembangan laser dan optik yang digunakan di alat-alat industri kesehatan,” sambungnya.

Akan tetapi, ujar Taufiek, proses ekstraksi monasit memerlukan dukungan teknologi tinggi untuk memisahkannya dari sejumlah material lain yang sama-sama terkandung di dalam timah. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi monasit yang cukup melimpah.

Menurut catatan Kementerian ESDM, sebaran potensi mineral logam tanah jarang di Indonesia sebagian besar tersimpan di Pulau Bangka Belitung dengan kandungan monasit mencapai 186.663 ton dan senotim 20.734 ton.

Sumberdaya logam tanah jarang juga ditemukan di Sumatera Utara sebesar 19.917 ton, Kalimantan Barat 219 ton, dan Sulawesi Tengah 443 ton. Sementara negara tetengga seperti Vietnam mempunya cadangan sebesar 22 juta ton. Cina memiliki cadangan terbesar mencapai 44 juta ton, lalu Brazil 21 juta ton, India 6,9 juta ton, dan Amerika 1,5 juta ton.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...