Permintaan LNG Asia Turun 30%, Amerika Alihkan Ekspornya ke Eropa

Happy Fajrian
6 Agustus 2022, 16:21
ekspor lng, amerika serikat, asia, eropa
PT Pelindo Energi Logistik
Kapal tanker LNG.

Pengiriman gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) dari Amerika Serikat (AS) ke pasar Asia yang melalui jalur Terusan Panama mengalami penurunan seiring lemahnya permintaan di Benua Kuning. Amerika kini fokus memasok LNG ke pelanggan Eropa untuk menggantikan pasokan gas Rusia yang berkurang.

“Kami telah mengalami pengurangan 30% dalam jumlah lalulintas kapal tanker LNG dalam sembilan bulan terakhir,” kata wakil administrator Otoritas Terusan Panama, Ilya Espino de Marotta seperti dikutip dari Reuters pada Sabtu (6/8).

Suhu yang lebih hangat di asia telah menurunkan permintaan LNG, terutama untuk kargo yang datang dari tujuan yang lebih jauh, yang tarif pengirimannya lebih mahal. “Sebagian besar LNG dari pantai teluk AS yang biasanya dikirim ke Asia dialihkan ke Eropa,” tambah Espino.

Di sisi lain, kilang LNG Freeport di AS, yang merupakan eksportir gas alam terbesar kedua di negara itu masih setop beroperasi pasca ledakan pada awal Juni. Operasionalnya diperkirakan baru akan dimulai pada Oktober. Ini juga membatasi kapasitas ekspor LNG AS meski di tengah lonjakan permintaan Eropa.

Namun jumlah kapal tanker LNG yang berkurang digantikan jenis kapal tanker lainnya, termasuk kapal tanker yang membawa liquefied petroleym gas (LPG) dan kapal pesiar yang aktivitasnya meningkat pasca meredanya pandemi. Espino memperkirakan lalulintas kapal tanker LNG melalui Terusan Panama pulih mulai Oktober mendatang.

Sejak Eropa menjatuhkan sanksi kepada Rusia dengan menghentikan impor minyak yang kemudian dibalas Rusia dengan mengurangi pasokan gas alam menjadi hanya 20% dari kapasitas normalnya, Amerika meningkatkan pasokan LNG ke Benua Biru.

Amerika telah menggeser Asia sebagai tujuan terbesar pasar gas alam cair dan memindahkannya ke Eropa yang membeli dengan harga premium.

Berdasarkan data Badan Administrasi Informasi Energi AS, pengiriman gas alam cair ke Eropa hampir tiga perempat dari total pengiriman selama empat bulan pertama 2022. Secara harian, pengiriman gas alam cair dari Amerika ke Eropa itu tiga kali lipat dari rata-rata tahun lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...