Oversuppy Listrik, DPR Minta Swasta Dilarang Bangun Pembangkit Mandiri

Muhamad Fajar Riyandanu
26 September 2022, 16:43
pembangkit listrik, listrik, pln, kelebihan pasokan, oversupply
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pembangkit listrik.

Komisi VII DPR meminta agar pemerintah melarang pelaku industri membangun pembangkit listrik mandiri. Hal ini dimaksudkan agar swasta bisa menyerap menyerap listrik dari kelebihan pasokan atau oversupply PLN.

Anggota Komisi Energi Ramson Siagian mengatakan Kementerian ESDM dapat memberikan ketegasan dengan tidak memberikan izin operasi perusahaan yang membangun pembangkit listrik mandiri. Menurut dia, saat ini ada sekitar 5.000 megawatt (MW) pembangkit listrik yang dibangun mandiri oleh pelaku usaha.

"Penyediaan listrik untuk umum dilaksanakan oleh PLN. Kementerian ESDM dapat tidak memberikan izin operasi industri agar tidak ada yang membangun pembangkit listrik sendiri, tapi beli dari PLN. Ini sesuai dengan UU Ketenagalistrikan," kata Ramson dalam Energy Corner CNBC, Senin (26/9).

Agar arahan tersebut bisa dituruti oleh para pelaku usaha, Ramson berharap PLN bisa memperbaiki sistem jaringan distribusi agar suplai listrik yang dialirkan tak terinterupsi atau padam alias black out.

"Kenapa banyak industri bangun pembangkitnya sendiri? Karena kadang-kadang ada pemadaman. Itu merepotkan, itu yang perlu diperlu diperbaiki PLN, sistem jaringan distribusinya," sambungnya.

Lebih Relevan Daripada Konversi Kompor Listrik

Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya ini menilai, ketegasan pemerintah dalam memastikan penyerapan listrik oleh pelaku usaha lebih relevan daripada program konversi kompor elpiji 3 kilogram (kg) menjadi kompor listrik induksi bagi pelanggan PLN berdaya listrik subsidi 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA.

"Menjamin ketersediaan listrik PLN ke industri agar mereka tidak bangun pembangkit sendiri itu akan menyerap permintaan listrik yang cukup besar dari pada memaksakan konsumsi listrik kepada rakyat kecil," ujar Ramson.

Di forum yang sama, Anggota Dewan Energi Nasional atau DEN, Satya Widya Yudha, mengatakan pihaknya bersama pemerintah dan PLN terus berupaya untuk mengatasi kelebihan pasokan listrik, salah satu dengan melakukan elektrifikasi di aspek kendaraan listrik dan kompor listrik atau induksi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...