KLHK Usulkan Sektor Migas Tiru Strategi Dekarbonisasi Batu Bara

Muhamad Fajar Riyandanu
24 November 2022, 15:16
migas, transisi energi, dekarbonisasi, emisi karbon, batu bara
Dok. Chevron

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyampaikan peta jalan transisi energi yang mulai dijalankan untuk pembangkit listrik batu bara lewat skema investasi pendanaan kolektif internasional juga dapat direplikasi ke jalur transisi di sektor minyak dan gas bumi (migas).

Salah satunya yaitu melalui investasi pada teknologi penangkapan, pemanfaatan dan penyimpanan karbon atau carbon capture, utilizaton and storage (CCUS) di lapangan-lapangan migas.

Menteri KLHK Siti Nurbaya mengatakan langkah penjajakan penyabaran CCUS perlu didukung oleh instrumen keuangan yang inovatif untuk mengakses sumber pendanaan konvensional.

"Implementasi rencana ini sangat menantang karena membutuhkan kebijakan teknis dan pendekatan baru untuk mengakses sumber pendanaan konvensional, serta instrumen keuangan yang inovatif dan skema investasi baru," ujarnya dalam The 3rd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas (IOG) 2022, Kamis (24/11).

Langkah ini dinilai perlu menjadi prioritas seiring adanya tekanan di sektor industri migas untuk segera melakukan transisi dan dekarbonisasi. Hal tersebut tak telepas dari menguatnya komitmen global untuk membatasi pemanasan global 1,5 derajat celsius melalui pengurangan emisi gas rumah kaca global yang cepat dan berkelanjutan.

"Saat ini dengan mengoptimalkan kerja sama antara pemerintah dan sektor swasta pada tahap operasional untuk memasukkan peran industri minyak dan gas di Indonesia dan menggali potensi CCUS," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...