Kampanye di Jatim, Ma'ruf Amin Optimistis Raih 70% Suara

Safari politik Ma'ruf di Jatim untuk merekatkan dukungan di basis Nahdlatul Ulama (NU) dan memantapkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf.
Image title
22 Januari 2019, 11:10
Debat Capres
Antara Foto/Aprillio Akbar
Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma\'ruf Amin tiba untuk mengikuti debat pertama Pilpres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat pertama yang diikuti pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma\'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo dan Sandiaga Uno tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme

Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 01 Ma'ruf Amin optimistis dapat meraih 70% suara pemilih di Provinsi Jawa Timur (Jatim) dalam Pilpres 2019. Berdasarkan sejumlah survei, elektabilitas pasangan calon (paslon) Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Jatim mencapai lebih dari 60% sehingga target tersebut dinilai realistis.

"Di Jawa Timur ini hanya tinggal memantapkan. Insya Allah, Jawa Timur akan mencapai 70%," kata Ma'ruf usai menjadi pembicara di  acara Halaqoh Nasionalisme-Menjaga Keutuhan NKRI, di NU Center Kabupaten Madiun, Senin (21/1) malam sebagaimana dikutip Antara. Target perolehan suara tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan suara Jokowi dalam Pilpres 2014 yang sebesar 53,15%.

Survei Indo Barometer pada Maret 2018 menunjukkan elektabilitas Jokowi di Jatim mencapai 56,5% sedangkan Prabowo Subianto sebesar 22%. Survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada akhir Juni 2018 juga menunjukkan Jokowi unggul di Jatim dengan elektabilitas 64,2% sedangkan Prabowo 28,3%. Adapun survei LSI Denny JA pada November 2018 juga menunjukkan koalisi parpol pendukung Jokowi mencatat dukungan 52,6% di Jatim sedangkan koalisi parpol pendukung Prabowo sebesar 10,3%.

"Jadi kalau terus saja kita bangun, tinggal memperbesar perolehan jumlah itu," kata Ma'ruf. Kunjungan Ma'ruf ke beberapa daerah di Jatim ini merupakan salah satu upaya merekatkan basis Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur. Ma'ruf menyatakan ingin merangkul dan menyatukan seluruh keluarga besar NU baik struktural maupun kultural, dalam satu pilihan dukungan, yakni Jokowi dan dirinya.

Advertisement

(Baca: Ma'ruf Amin Tak Banyak Menjawab, Timses: Itu Bagian dari Strategi)

Dalam ceramahnya di Madiun, Ma'ruf juga berpesan agar para santri dan ulama menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia. "Bukan hanya ulama, seluruh umat muslim harus ikut menjaga kebersamaan dan toleransi," ujarnya. Hal tersebut harus diterapkan dalam pelaksanaan Pilpres 2019 mendatang yang aman dan damai meski beda pilihan.

Dalam rangkaian safari politik di Jatim, Ma'ruf Amin dijadwalkan mengikuti sejumlah kegiatan di Madiun, Ngawi, Trenggalek, Ponorogo, Nganjuk, Lamongan, Tuban, Surabaya, dan beberapa daerah lainnya. Ma'ruf akan melakukan konsolidasi dengan para tokoh masyarakat dan ulama.

Hari ini Ma'ruf akan menuju Trenggalek, Ponorogo, Nganjuk, dan Surabaya. Di Trenggalek, Ma'ruf akan menghadiri acara istigasah kubro di Stadion Minak Sompal yang akan dihadiri ratusan ribu peserta. Kemudian, Ma'ruf akan menuju Ponorogo untuk bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Pondok Pesantren Mayak, serta berziarah ke makam KH Hasan Bestari. Ma'ruf selanjutnya akan menuju Nganjuk untuk menghadiri acara usaha mikro, kecil, menengah (UMKM), BMT Nganjuk, dan Kopi Abah sebelum bertolak ke Surabaya untuk beristirahat.

(Baca: Hasil Survei: Kontribusi Ma'ruf ke Elektabilitas Jokowi Masih Minim)

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait