• Para buruh kecewa dengan angka kenaikan UMP 2024 yang tak lebih dari Rp 300 ribu. 
  • KSPI mengancam mogok kerja nasional,  SPSI melobi tim pasangan Anies-Muhaimin untuk mendorong UMP DKI Jakarta lebih berkeadilan.  
  • KSBSI menyiapkan kertas posisi untuk diberikan kepada ketiga pasangan Pilpres 2024.

Sekitar 20 buruh berdemonstrasi di depan Gedung Balai Kota DKI Jakarta pada Senin siang (20/11). Dengan mobil pick-up, mereka nekat mengancam menerobos gerbang utama kantor gubernur tersebut.

Mobil itu sempat bergerak ke arah pagar hingga berjarak sekitar satu meter dari pagar betis belasan polisi. Para demonstran yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman (FS RTMM) menuntut upah minimum provinsi atau UMP 2024 yang adil.

Advertisement

Pimpinan Daerah FSP RTMM DKI Jakarta  Kusworo mengatakan kenaikan UMP 2024 yang hanya 3,37% menjadi Rp 5,06 juta tidak sebanding dengan pertumbuhan industri. Di sektor makanan dan minuman pertumbuhannya mencapai 4,62% pada paruh pertama 2023. 

Tuntutannya adalah UMP 2024 setidaknya sama dengan pertumbuhan industri tersebut. “Bahasanya PGPS, Pintar-Goblok Pengupahannya Sama. Masa pengupahan sama dengan tenaga kerja yang tidak ahli. Kurang berkeadilan di sini,” ucap Kusworo kepada Katadata.co.id.

Ketidakpuasan buruh dengan kenaikan UMP 2024 juga terjadi di provinsi lain. Katsiang, seorang pekerja di PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), menyebut kenaikan UMP Sulawesi Tengah 2024 tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup para buruh. 

Sulawesi Tengah pada awal pekan ini menetapkan upah minimum provinsi 2024 menjadi Rp 2.736.698 dari Rp 2.599.546 pada 2023. Angka kenaikannya yang sekitar 5,27% atau tidak sampai Rp 200 ribu tersebut yang membuatnya khawatir.

Upah minimum kabupaten/kota Morowali memang lebih tinggi dari provinsinya. Angkanya di Rp 3,2 juta saat ini. Namun, biasanya kenaikan upah minimum kabupaten/kota sekitar dua per tiga dari UMP. Jadi, angka kenaikannya bisa lebih kecil dari 5,27%. 

Saat ini Katsiang mendapat upah sedikit di atas UMP, yaitu Rp 3,7 juta. Namun, angkanya termasuk pas-pasan. “Sewa tempat tinggal di Morowali di atas Rp 1,5 juta per bulan. Itulah kenapa teman-teman di sini ada yang satu kost isi tiga sampai empat orang,” ucapnya kepada Katadata, Kamis lalu.

Itu belum dengan angka barang-barang kebutuhan rumah tangga yang, menurut Katsiang, jauh lebih tinggi daripada kota lainnya di Sulawesi Tengah. “Harga elpiji di sini bisa mencapai Rp 100 ribu untuk yang tiga kilogram,” katanya. “Di tempat lain maksimal hanya Rp 25 ribu.”

Ia menyebut, para buruh di IMIP berharap kenaikan upah kabupaten/kota Morowali minimal 15%. Sebab, kawasan ini telah berkontribusi besar untuk pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah dan nasional. Proyek penambangan dan hilirisasi nikel menjadi pendorong utamanya.

Dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS), pada kuartal III 2023 pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah mencapai 13,06% secara tahunan (year-on-year). Angkanya jauh di atas nasional yang hanya 4,94%. Sektor industri pengolahan berkontribusi 42,32%, lalu pertambangan dan penggalian 15,59%.

Presiden Joko Widodo sempat memuji pertumbuhan ekonomi Sulteng yang melejit tersebut. Sejak awal tahun, angkanya memang selalu di atas 11%, di atas rata-rata nasional. “Saya dapat informasi tumbuh di 13%, sudah dua setengah kali lipat ekonomi nasional kita,” ucap Jokowi pada Agustus lalu. 

AKSI BURUH MENUNTUT KENAIKAN UMP
AKSI BURUH MENUNTUT KENAIKAN UMP (ANTARA FOTO/Darryl Ramadhan/YU)

Jalur Politik Para Buruh

Dalam catatan Katadata.co.id, UMP 2024 di 33 provinsi rata-rata hanya naik Rp 102.747 atau 3,57% dibandingkan tahun ini. Rata-rata angka UMP tahun depan sekitar Rp 3,05 juta. Para buruh masih berupaya membuka negosiasi agar penetapan UMP dapat berubah. 

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) sebelumnya menginginkan kenaikan sampai 15%. “Dengan negosiasi akan mencapai titik temu di angka 70% sampai 80% dari yang dituntut. Biasanya begitu,” kata Presiden KSPI Said Iqbal dalam konferensi persnya di Jakarta pada Rabu lalu.

Sebagai langkah awal, KSPI akan melakukan mogok kerja nasional selama dua hari berturut-turut. Waktunya belum dipastikan. Namun, rencananya di rentang 30 November sampai 13 Desember 2023 dan melibatkan lima juta pekerja yang tergabung dalam 100 pabrik. 

Sejak awal tahun organisasi buruh ini sudah ngotot dengan angka 15% untuk penyesuaian upah tahun depan. Karena itu, KSPI kecewa setelah angkanya yang keluar jauh lebih kecil dari itu. Said membandingkan dengan kenaikan upah pegawai negeri tahun depan yang mencapai 8%. 

Dalam catatannya sebagai Deputi Governing Body Organisasi Buruh Internasional (ILO), tidak pernah ada kenaikan upah minimum buruh lebih rendah dari pegawai pemerintah. “Buruh adalah orang yang punya daya beli dan membayar pajak tapi gajinya lebih rendah dari yang memungut pajak,” katanya. 

Selain itu, angka kenaikan UMP juga tidak selaras dengan pertumbuhan harga pangan. Misalnya, Said menyebut, Jakarta. Harga beras telah naik 40% secara tahunan, telur ayam 30%, transportasi 30%, dan sewa rumah 50%. 

Said, yang juga menjabat Presiden Partai Buruh, mengatakan tidak memakai jalur politiknya untuk memperjuangkan tuntutan para buruh. Menurut dia, gerakan akar rumput lebih efektif dalam mengubah keputusan UMP 2024.

“Kami tidak ada komunikasi dengan paslon (pasangan calon presiden-wakil presiden) Pilpres 2024. Lagipula mereka enggak akan berani mendukung gerakan buruh ini,” katanya. 

Sebagai informasi, Partai Buruh belum memberi dukungan kepada nama capres-cawapres Pilpres 2024. Partai ini hanya memastikan tidak akan memilih pasangan nomor urut satu, yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, karena elektabilitasnya kecil. 

Yang tersisa adalah pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Secara histori, Partai Buruh dalam dua Pilpres sebelumnya, yaitu pada 2014 dan 2019, mendukung Prabowo Subianto. 

Namun, pada Mei lalu, Said sempat menyebut tak lagi mendukung Prabowo. Pasalnya, menteri pertahanan dan ketua umum Partai Gerindra tersebut setuju dengan kehadiran Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2023 tentang Cipta Kerja. 

KSPI menilai omnibus law tersebut sangat merugikan para pekerja. Aturan ini mengurangi dan menghilangkan hak-hak buruh terkait penetapan upah minimum, tenaga kerja alih daya atau outsourcing, pembayaran pesangon, ketentuan perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT), dan soal pemutusan hubungan kerja (PHK).

Prabowo pada acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia yang diselenggarakan INDEF bersama CNBC Indonesia sempat berkomentar soal upah buruh. Ia memperingatkan agar buruh tak menuntut kenaikan upah yang tinggi. 

Jika terpilih, ia berjanji memberi subsidi bahan bakar minyak (BBM), listrik, sekolah, dan angkutan umum. “Kami akan bicara ke pemimpin buruh. Jangan mencekek-cekek,” ujarnya. “Kalau pengusaha ditekan-tekan, gampang sekali (mereka) pindah ke Kamboja dan Bangladesh.”

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami
Advertisement