Faktor Pendorong dan Dampak Urbanisasi bagi Desa dan Kota

Image title
29 Desember 2021, 15:11
Ilustrasi urbanisasi di kawasan MRT Dukuh Atas , Jakarta Pusat (09/07).
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi urbanisasi di kawasan MRT Dukuh Atas , Jakarta Pusat (09/07).

Maraknya pembangunan di kota-kota besar di Indonesia dapat memacu pertumbuhan ekonomi. Sebagai dampaknya, kota-kota tersebut akan menjadi magnet bagi penduduk untuk berdatangan mencari pekerjaan dan sebagian ada yang memutuskan untuk menetap. Hal ini sering disebut dengan urbanisasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian urbanisasi adalah perpindahan penduduk secara berduyun-duyun dari desa ke kota. 

Berbeda dengan perspektif ilmu kependudukan, definisi urbanisasi berarti persentase penduduk yang tinggal di daerah perkotaan. Pergerakan orang dari desa ke kota hanya salah satu penyebab urbanisasi.

Pemindahan itu sendiri dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu migrasi dan mobilitas. Migrasi penduduk adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota yang bertujuan untuk tinggal secara permanen di kota. Sementara itu, mobilitas berarti pergerakan orang-orang yang hanya sementara atau permanen.

Perpindahan penduduk ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti informasi di media massa, impian pribadi, kebutuhan ekonomi putus asa, dan sebagainya.

Faktor yang Memengaruhi Urbanisasi

Di Indonesia, persoalan urbanisasi sudah dimulai dengan digulirkannya beberapa kebijakan pada masa orde baru. Pertama, adanya kebijakan ekonomi makro (1967-1980), di mana kota sebagai pusat ekonomi. Kedua, kombinasi antara kebijaksanaan substitusi impor dan investasi asing di sektor manufaktur, yang justru memicu polarisasi pembangunan terpusat pada metropolitan Jakarta.

Ketiga, penyebaran yang cepat dari proses mekanisasi sektor pertanian pada awal dasawarsa 1980-an, yang menyebabkan kaum muda dan para sarjana, enggan menggeluti dunia pertanian atau kembali ke daerah asal.

Faktor penyebab adanya urbanisasi adalah karena adanya faktor utama yang klasik yaitu kemiskinan di daerah pedesaan. Faktor utama ini melahirkan dua faktor penyebab adanya urbanisasi yaitu:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...