Kapitalisme Adalah Sistem Ekonomi Bebas, Pahami Sejarahnya

Image title
26 Januari 2022, 19:08
Ilustrasi. Kapitalisme adalah sistem ekonomi yang bebas, yaitu bebas dari pembatasan oleh penguasa dan bebas dari pembatasan produksi.
Pexels/Karolina Grabowska
Ilustrasi kapitalisme.

Kapitalisme adalah ideologi yang didasarkan pada nilai-nilai kapital atau permodalan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kapitalisme adalah sistem atau paham ekonomi yang modalnya bersumber pada modal pribadi atau modal perusahaan swasta dengan ciri persaingan di pasaran bebas.

Karl Marx mengungkapkan bahwa kapitalisme adalah sistem ekonomi yang bebas, yaitu bebas dari pembatasan oleh penguasa dan bebas dari pembatasan produksi. Hal serupa dikatakan oleh Ayn Rand bahwa kapitalisme adalah suatu sistem sosial yang berbasiskan pada pengakuan atas hak-hak individu, termasuk hak milik di mana semua pemilikan adalah milik privat.

Advertisement

Kapitalisme dapat dilihat dari lembaga dan mekanismenya, yaitu ekonomi pasar, adanya hak pemilikan, adanya usaha swasta, persaingan bebas, dan adanya kebebasan. Mengutip Kapitalisme: Sebuah Pengantar Singkat, perkembangan kapitalisme berasal dari struktur politik multi-bangsa yang ada di Eropa. Kapitalisme berasal dari kata dasar "kapital" yang berarti modal.

Istilah kapitalisme awalnya muncul dari konsep ekonomi dari Inggris di abad ke-18, kemudian menyebar ke Eropa Barat dan Amerika Utara sebagai akibat dari perlawanan terhadap ajaran gereja.

Kapitalisme merupakan paham yang meyakini bahwa pemilik modal dapat melaksanakan usahanya dan meraih keuntungan sebesar-besarnya.

Sejarah Kapitalisme

Sejarah kapitalisme dipelopori oleh pertumbuhan industri kain Inggris selama abad 16, 17, dan 18. Berdasarkan publikasi Jeffrey D. Sachs dalam Oxford Review of Economic Policy, Vol. 15, No. 4, kapitalisme modern muncul pada awal abad ke-19 di Eropa, Amerika dan Oseania.

Sebagaimana dijelaskan dalam buku Ekonomi Politik Internasional: Perspektif Historis dan Aktor, ide dasar kapitalisme pertama kali dikemukakan oleh Adam Smith dalam buku The Wealth of Nations (1776).

Adam Smith menjelaskan kapitalisme melalui ilustrasi bahwa “Apa yang kita harapkan untuk makan malam kita tidaklah datang dari keajaiban si tukang daging, si pemasak bir atau tukang roti, melainkan dari apa yang mereka hormati dan kejar sebagai kepentingan pribadi.”

Mengutip buku Kapitalisme: Sebuah Pengantar Singkat, kapitalisme muncul pertama kali di Inggris pada abad ke-18 saat berkembangnya industrialisasi. Penyebaran hubungan-hubungan di pasar serta pertumbuhan konsumsi mengakibatkan permintaan pasar yang cukup besar sehingga investasi di bidang produksi industrial menjadi bernilai.

Kebutuhan untuk menghasilkan uang dan mempergunakan barang-barang industrial membuat orang mencari lapangan pekerjaan di bidang industrial. Buruh dikontrol oleh pemilik modal agar mereka meningkatkan produktivitas dengan cara mengkonsentrasikan para pekerja di pabrik-pabrik lalu mengenalkan sistem permesinan dan pengorganisasian buruh kerja dalam cara kerja yang baru.

Hubungan antara pemberi kerja dan pekerja pada abad ke-18 di Inggris tersebut merupakan bentuk kapitalisme. Pada abad ini, cara berpikir seorang kapitalis dapat dilihat dari pembagian buruh kerja, kompetisi, operasi pasar bebas, dan produksi yang menghasilkan keuntungan.

Nur Sayyid Santoso Kristeva dalam Sejarah Ideologi Dunia menjelaskan bahwa pengusaha kapitalis mempelajari pola-pola perdagangan internasional dengan tujuan untuk mengakumulasi kapital demi keuntungan sebesar-besarnya.

Kapitalisme Modern

Kapitalisme terus berkembang menyesuaikan kondisi masyarakat modern. Muhammad Ali Fakih dalam Biografi Lengkap Karl Marx menjelaskan, kapitalisme modern adalah kapitalisme monopoli, yaitu kapitalisme negara dan kapitalisme perusahaan.

Kapitalisme monopoli adalah bentuk universal yang mencakup semua bentuk ekonomi negara dan arus global dari akumulasi modal. Menurut hipotesis Karl Marx dan Friedrich Engels, kapitalisme monopoli akan muncul sebagai bentuk akhir dari kapitalisme sebelum akhirnya menemui kontradiksi sehingga akan digantikan oleh sistem sosialisme.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement