Masyarakat Adalah Kumpulan Manusia, Ini Proses Terbentuknya

Image title
14 Februari 2022, 15:40
Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/aww.
Masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.

Masyarakat adalah salah satu unsur penting terbentuknya suatu negara. Tanpa mereka, tidak ada yang menjalankan peraturan di negara tertentu dan mimpi serta cita-cita suatu negara tidak akan mungkin dapat terwujud.

Lalu, apa itu sebenarnya masyarakat dan kenapa kehadirannya begitu dibutuhkan?

Pengertian Masyarakat

Masyarakat (society) diartikan sebagai sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), di mana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut.

Kata masyarakat berasal dari bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antara entitas-entitas.

Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.

Pengertian Masyarakat Menurut Ahli

Ada beberapa pengertian terkait apa itu masyarakat. Seorang ahli, Selo Sumardjan mengatakan masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.

Menurut Karl Marx masyarakat adalah suatu struktur yang menderita suatu ketegangan organisasi atau perkembangan akibat adanya pertentangan antara kelompok-kelompok yang terbagi secara ekonomi.

Emile Durkheim mengartikan masyarakat sebagai suatu kenyataan objektif pribadi-pribadi yang merupakan anggotanya.

Sementara itu, Paul B. Horton & C. Hunt mendefinisikan masyarakat sebagai kumpulan manusia yang relatif mandiri, hidup bersama dalam waktu yang cukup lama, tinggal di suatu wilayah tertentu, mempunyai kebudayaan sama serta melakukan sebagian besar kegiatan di dalam kelompok/ kumpulan manusia tersebut.

Menurut Drs. Ayat Suryatna ( 1996:66 ), pada prinsipnya suatu masyarakat terwujud apabila di antara kelompok individu-individu tersebut telah lama melakukan kerja sama serta hidup bersama secara menetap.

Ciri-ciri Masyarakat

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa masyarakat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Manusia yang hidup bersama sekurang-kurangnya terdiri atas dua orang.
  • Bergaul dalam waktu lama. Sebagai akibat hidup bersama itu, timbul sistem komunikasi dan peraturan-peraturan yang mengatur hubungan antarmanusia.
  • Sadar bahwa mereka merupakan satu kesatuan.
  • Menimbulkan suatu sistem hidup bersama. Sistem kehidupan bersama menimbulkan kebudayaan karena mereka merasa dirinya terkait satu dengan yang lain.

Proses Terbentuknya Masyarakat

Untuk menganalisis secara ilmiah terkait proses terbentuknya masyarakat sekaligus masalah yang ada sebagai proses yang sedang berjalan atau bergeser, diperlukan suatu konsep. Dalam sebuah penelitian antropologi dan sosiologi, hal itu disebut dinamika sosial.

Dinamika masyarakat dan kebudayaan adalah pergerakan atau pergeseran suatu budaya (meliputi pengetahuan, gagasan, dan ide) atau kebiasaan masyarakat dari hal lama kepada suatu hal baru.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...