Manfaat Gandum untuk Kesehatan dan Wajah serta Cara Menggunakannya

Image title
1 November 2021, 20:25
Manfaat gandum
Pixabay
Manfaat Gandum untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Tanaman gandum dikenal sebagai salah satu bahan pangan yang popular dikalangan masyarakat dunia termasuk Indonesia. Di Indonesia, kebutuhan gandum relatif besar dan meningkat dari tahun ketahun dan seluruhnya dipenuhi melalui impor gandum.

Bahan pangan dari gandum yang dikenal dengan tepung terigu telah menjadi sumber bahan pangan alternatif bagi penduduk Indonesia. Manfaat gandum sebagai bahan pangan sangat beragam terutama dalam diversifikasi pangan seperti makanan ringan roti, mie, biskuit, puding, es krim dan kue.

Dalam 100 gram gandum utuh terdapat sekitar 340 kalori dan juga beberapa nutrisi penting berikut:

Selain itu, gandum utuh merupakan sumber vitamin dan mineral, seperti vitamin B, selenium, mangan, fosfor, dan tembaga. Gandum utuh juga mengandung antioksidan dan senyawa aktif, seperti asam fitat, polifenol, stanol, dan sterol.

Berkat kandungan tersebut, mengonsumsi gandum utuh secara rutin dapat memberikan beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan.

Manfaat Gandum untuk Kesehatan

Sejumlah manfaat gandum baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa di antaranya dapat membantu menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah hingga menurunkan risiko obesitas.

Berikut 10 manfaat gandum bagi kesehatan.

1. Sebagai Sumber Serat dan Nutrisi

Gandum direkomendasikan menjadi makanan pokok manusia karena kandungan serat tinggi di dalamnya. Kandungan serat larut dan serat tak larut pada gandum sangat dibutuhkan bagi tubuh manusia. Selain kandungan serat yang tinggi, gandum juga memiliki kandungan makronutrien, seperti karbohidrat, lemak, dan protein, yang dibutuhkan tubuh.

2. Dapat Meningkatkan Sistem Pencernaan

Konsumsi gandum secara rutin dapat membantu Anda mendapatkan sistem pencernaan yang lebih sehat. Kandungan serat pada gandum dapat membantu usus bekerja lebih teratur. Memakan gandum juga dapat mencegah divertikulosis yang dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan pada tubuh.

3. Dapat Menurunkan Kolesterol

Gandum utuh dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh. Hal tersebut karena gandum dapat mencegah tubuh menyerap LDL (low density cholesterol) atau kolesterol jahat pada tubuh. Konsumsi gandum utuh juga dipercaya dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Sebuah penelitian menunjukan gandum utuh dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh. Orang yang memakan sereal gandum utuh memiliki risiko 19% lebih rendah untuk terkena hipertensi daripada mereka yang tidak mengonsumsi sereal gandum utuh.

5. Dapat Mengontrol Gula Darah

Mengonsumsi gandum secara rutin dapat mengontrol gula darah dan bahkan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Kandungan serat tinggi pada gandum dapat mengendalikan berat badan dan mencegah obesitas atau kelebihan berat badan.

Obesitas adalah salah satu faktor utama penyebab diabetes. Kadar magnesium pada gandum utuh juga dipercaya dapat membantu metabolisme karbohidrat.

5. Bisa Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Gandum dapat menurunkan kadar kolesterol, menjaga tekanan darah, dan mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan gula darah tinggi pada tubuh dapat menyebabkan seseorang lebih mudah terkena penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung atau stroke. Maka dari itu, memakan gandum secara rutin dapat membuat Anda terhindar dari penyakit kardiovaskular.

6. Membantu Mengontrol Berat Badan

Jika Anda berniat untuk mengontrol berat badan, ada baiknya Anda memakan makanan yang terbuat dari gandum utuh. Makanan yang diolah dari gandum dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mendapatkan berat badan yang ideal. Memiliki berat badan yang ideal juga dapat membantu Anda terhindar dari penyakit jantung, stroke, dan penyakit kronis lainnya.

7. Mengurangi Peradangan

Peradangan merupakan salah satu penyebab dari berbagai penyakit kronis di tubuh. Gandum dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Sebuah penelitian menunjukan bahwa seseorang yang mengonsumsi gandum utuh secara rutin hampir tidak pernah meninggal karena penyakit kronis.

Orang yang mengganti pola makan tidak sehat mereka menjadi mengonsumsi gandum utuh juga mengatakan tanda-tanda peradangan pada tubuh mereka berkurang.

8. Menjaga Kesehatan Pada Gigi dan Mulut

Sebuah penelitian menunjukan orang yang mengonsumsi gandum utuh memiliki risiko 23% lebih kecil terkena penyakit gusi dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengonsumsi gandum.

9. Menurunkan Risiko Kanker

Gandum dipercaya dapat menurunkan risiko kanker, terutama kanker usus besar. Gandum memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu memperlambat perkembangan kanker.

10. Menurunkan Risiko Kematian Dini

Gandum dapat memelihara kesehatan pada tubuh secara keseluruhan. Hal ini membuat tanaman yang satu ini dapat menurunkan risiko kematian dini pada manusia.

 
Ilustrasi perempuan sedang mengenakan masker kecantikan untuk merawat kesehatan kulit wajah
Ilustrasi perempuan sedang mengenakan masker kecantikan untuk merawat kesehatan kulit wajah (pexels.com/Polina Kovaleva)

Manfaat Gandum untuk Wajah

Selain menyimpan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh, gandum juga menyimpan segudang manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Berikut manfaat gandum untuk wajah yang wajib Anda ketahui.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...