Tol Cisumdawu Seksi 1 dan 2 Ditargetkan Rampung September 2019

Image title
8 Maret 2019, 14:01
Jalan Tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Kementerian Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi satu dan dua sepanjang 27,62 kilo meter (km) selesai pada September 2019. Adapun pembangunan terbagi dalam enam seksi.  

Sejauh ini, pembangunan lahan untuk seksi satu Cileunyi-Rancakalong sepanjang 10,57 km telah mencapai 65,86%, sedangkan progres konstruksi 14,26%. Lalu, untuk seksi dua sepanjang 17,05 km dibagi menjadi dua fase yakni fase satu dari Ranca Kalong-Ciherang dengan panjang 6,35 km telah rampung pada 2017, dan fase kedua Ciherang-Sumedang dengan panjang 10,7 km progres konstruksi telah mencapai 63,42%.

Sementara itu, empat seksi lainnya sepanjang 33,22 km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Progres kontruksi untuk tiga seksi di antaranya sudah mencapai 59,09%, sedangkan satu seksi dalam tahap pembebasan lahan.

(Baca: Pemerintah Kaji Pembukaan Tol Cisumdawu untuk Pengendara Motor)

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menjelaskan, seksi satu dan dua dikerjakan Kementerian PUPR sebagai bagian dari dana dukungan tunai infrastruktur atau viability gap fund (VGF) guna melayakkan investasi tol tersebut.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...