Jokowi Sambut Positif Wacana Koalisi Demokrat dan Gerindra

Gerindra sedang berupaya merangkul partai-partai yang berencana membentuk poros baru.
Ameidyo Daud Nasution
24 Mei 2018, 08:01
jokowi
Katadata | Arief Kamaludin

Rencana pertemuan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Partai Gerindra Prabowo Subianto turut dikomentari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Jokowi pertemuan tersebut baik untuk negara.

Bahkan Jokowi sempat menyatakan bahwa apabila keduanya berkoalisi juga menjadi hal yang bagus. "Saya kira baik untuk negara, sangat bagus," kata Jokowi di kantor Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar, Jakarta, Rabu malam (23/5). (Baca juga: Pertemuan SBY-Prabowo, Upaya Gerindra Perkuat Koalisi di Pemilu 2019).

Wacana pertemuan kedua tokoh itu muncul usai Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono bersua Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga S. Uno beberapa hari lalu. Saat itu, Agus mengaku belum membicarakan koalisi dengan Gerindra.

Namun Deputi Media dan Humas Kogasma Demokrat Putu Supadma Rudana menyatakan pertemuan keduanya berpotensi untuk membangun kerja sama Demokrat dan Gerindra pada pemilihan presiden 2019. Apalagi, menurut Putu, elektabilitas Agus tinggi untuk bersaing sebagai calon Presiden maupun calon Wakil Presiden.

Advertisement

"Komunikasi kedua pemimpin muda ini sangat penting," kata Putu sebagaimana dikutip dari Antara. (Baca juga: Koalisi Gemuk Hanya Untungkan Partai Tertentu di Pileg 2019).

Sejak beberapa bulan lalu, Gerindra memang sedang berupaya merangkul partai-partai yang berencana membentuk poros baru. Selain Demokrat, ada juga Partai Amanat Nasional (PAN) serta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Gerindra mengajak tiga partai ini bergabung untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai calon presiden di Pilpres 2019.

Saat ini, baru Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang kemungkinan besar berkoalisi dengan Gerindra di Pilpres 2019. Namun tak hanya dengan PKS, Gerindra pun mungkin menggandeng PAN, PKB, termasuk Demokrat. Partai ini melihat peluang tersebut masih terbuka lebar. (Baca: Demokrat, PAN, dan PKB Jajaki Poros Ketiga di Pilpres 2019).

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait