Hari Ini Jokowi Akan Bertemu Erdogan dan Pengusaha Turki

Dari Turki, Presiden Jokowi akan melanjutkan lawatan ke Jerman untuk menghadiri KTT G20. Di sana, ia akan bertemu beberapa Kepala Negara, termasuk Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
Pingit Aria
Oleh Pingit Aria
6 Juli 2017, 09:49
Jokowi menlu
ANTARA FOTO/Rosa Panggabean
Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi beserta rombongan tiba di Ankara, Turki, Rabu (5/7) petang waktu setempat. Dalam kunjungan kenegaraan ini, Jokowi akan bertemu Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

"Kemudian ada pertemuan terbatas, empat mata antara Presiden Jokowi dan Presiden Erdogan. Setelah itu, barulah pertemuan bilateral," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dikutip dari siaran persnya, Kamis (6/7).

Ketibaan Kepala Negara dan rombongan kemarin disambut oleh Duta Besar RI untuk Turki Wardana, Atase Pertahanan, dan pejabat KBRI di Bandara Internasional Esenboga Havalimani, Ankara.

(Baca juga: Jokowi Libatkan Wapres JK Bahas Rencana Reshuffle Kabinet)

Selain itu, Kepala Negara juga dijadwalkan mengunjungi Mauseolum Ataturk (Antikabir), Masjid Kocatepe, dan melakukan pertemuan bisnis dengan sejumlah pengusaha setempat.

Grafik: Nilai Ekspor-Impor Indonesia-Turki 2012-Maret 2017

Dalam kunjungan kenegaraan ini, Presiden Jokowi didampingi oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong.

Setelah serangkaian kegiatan di Ankara, Kamis (6/7) sore, Presiden Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Hamburg, Jerman untuk menghadiri KTT G20 pada 7-8 Juli 2017.

(Baca juga: Jokowi Akan “Bagi-bagi” Lahan Perhutani untuk Rakyat)

Pada KTT ini, Jokowi akan menyampaikan pesan agar G20 dapat menjadi bagian dari solusi berbagai tantangan global, termasuk terorisme. Terkait ekonomi dan keuangan global, Presiden akan menyinggung pentingnya aksi bersama anggota G20 dalam memerangi penggelapan pajak.

Di sela pertemuan G20, Presiden juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pimpinan negara sahabat, salah satunya Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Presiden beserta rombongan direncanakan akan kembali tiba di Tanah Air pada Minggu, 9 Juli 2017 mendatang.

Editor: Pingit Aria

Video Pilihan

Artikel Terkait