Usai Temui Jokowi, Arsjad Rasjid Dipastikan Jadi Ketua Umum Kadin

Rizky Alika
28 Juni 2021, 15:49
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ketua Kadin Rosan P Roeslani (tengah) dan Arsjad Rasjid (kanan, berdiri) meninjau program vaksinasi gotong-royong di Pabrik PT Unilever Indonesia Tbk, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (18/5/2021). Arsjad akan me
ANTARA FOTO/HO/Setpres-Lukas/wpa/foc.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ketua Kadin Rosan P Roeslani (tengah) dan Arsjad Rasjid (kanan, berdiri) meninjau program vaksinasi gotong-royong di Pabrik PT Unilever Indonesia Tbk, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (18/5/2021). Arsjad akan menggantikan Rosan sebagai Ketua Umum Kadin.

Perwakilan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia telah menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta. Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Roeslani menyampaikan hasil musyawarah mufakat Kadin untuk menunjuk Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kadin.

"Jadi Ketua Dewan Pertimbangan Anindya Bakrie, yang satu Ketua Umum Kadin Pak Arsjad Rasjid," kata Rosan di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (28/6).

Kadin telah menyampaikan hasil kesepakatan tersebut kepada Jokowi secara tertulis. Jokowi pun memberikan apresiasi kepada dunia pengusaha.

Hasil musyawarah tersebut juga akan ditindaklanjuti dalam Musyawarah Nasional (Munas) Kadin pada 30 Juni-1 Juli di Kendari, Sulawesi Utara. Kesepakatan itu akan direalisasikan sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga yang berlaku.

Rosan pun mengapresiasi turut mengapresiasi Anidnya Bakrie. Ia telah menjabat sebagai Wakil Ketua Uumum Kadin selama 15 tahun. "Ia sangat memahami dinamika ini sehingga beliau maju sebagai Dewan Pertimbangan," ujar dia.

RUPS TAHUNAN PT BAKRIE & BROTHERS
RUPS TAHUNAN PT BAKRIE & BROTHERS (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.)

Sementara, Arsjad berharap persatuan dan kesatuan para pengusaha bisa membawa Kadin untuk menyelesaikan permasalahan bangsa saat ini, yaitu Covid-19. "Pandemi ini tantangan berat bagi kita semua, khususnya bicara teman-teman di UMKM," kata Arsjad.

Ia pun akan membuat Kadin menjadi inklusif bagi pengusaha kecil, mikro, menengah, dan besar. Selain itu, Arsjad juga memastikan kemitraan Kadin dengan pemerintah akan berjalan lebih baik. "Kita sama-sama sepakat membangun Kadin," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...