Luhut Sebut Perkembangan Pembahasan Blok Masela Membanggakan

Safrezi Fitra
3 Oktober 2016, 15:59
Blok Masela
Arief Kamaludin | Katadata

Pelaksana Tugas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Luhut Binsar Pandjaitan hari ini melaporkan perkembangan pembahasan Blok Masela kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengatakan dalam dua bulan terakhir pembahasannya sudah sangat maju.

Bahkan, dia menyatakan penyelesaian proyek-proyek migas besar dan strategis lainnya, menggunakan pola pembahasan seperti yang dilakukan pada Blok Masela. Proyek tersebut adalah East Natuna, Tiung Biru dan IDD Chevron.   

“Selama dua bulan terakhir ini, kemajuannya (pembahasan Blok Masela) sangat baik. Ada pertemuan dua sampai tiga kali seminggu yang dilakukan oleh Kementerian ESDM, SKK Migas, maupun Inpex dan Shell (kontraktor Blik Masela),” kata Luhut usai melaporkan hal ini di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/10).

(Baca: Bertemu Dubes Jepang, Luhut Bahas Nasib Blok Masela)

Dalam pertemuan ini, banyak hal yang sudah dibicarakan, termasuk semua permintaan Inpex kepada pemerintah. Beberapa hal yang dibahas terkait tambahan perpanjangan masa kontrak hingga 10 tahun dan pengembalian biaya studi pengembangan dengan skema laut sebelumnya yang sudah ditolak pemerintah. Nilai studi ini mencapai US$ 1,2 miliar.

Semua pembahasan ini, kata luhut, berlajan dengan baik dan responsnya sangat positif dari pemerintah maupun kontraktor. Hingga tadi malam pun, dia mendapat laporan dari tim Kementerian ESDM yang terlibat, bahwa komunikasi yang dilakukan selama ini berjalan dengan baik.

Sejalan dengan hal ini, Inpex dan Shell juga sedang merumuskan revisi Proposal Rencana Pengembangan Lapangan (PoD) Lapangan Abadi Blok Masela. Menurutnya pembahasan mengenai hal ini pun sudah sampai pada pendetailan teknis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...