Kembangkan Danau Toba, Pemerintah Bangun 2 Ruas Tol Tahun Depan

Safrezi Fitra
2 Agustus 2016, 11:26
Kementerian PUPR AK
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah berencana membangun dua ruas jalan tol untuk mempermudah akses menuju Danau Toba. Pembangunan infrastruktur ini dilakukan akan mendukung pengembangan Danau Toba menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia berkelas dunia.  

Kedua ruas tol yang akan dibangun adalah Tebing Tinggi – Siantar dan Siantar – Parapat. Saat ini Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang melakukan studi kelayakan atau Feasibility Study (FS) untuk pembangunan tol tersebut.

Pembangunan infrastruktur jalan ini akan mempersingkat waktu tempuh yang dibutuhkan ke Danau Toba. Selama ini perjalanan dari Medan hingga Danau Toba bisa memakan waktu sekitar lima jam.

“Kedua ruas tersebut akan menghemat waktu sampai dengan kurang lebih satu jam dari Tebing Tinggi menuju Danau Toba,” Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR Hermanto Dardak dalam keterangannya, seperti dikutip dari situs resmi Kementerian PUPR, Senin (1/8). 

Dia mengungkapkan hal ini saat menghadiri Musyawarah Adat Batak di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, akhir pekan lalu. Sekitar 213 tokoh masyarakat adat Batak hadir dalam pertemuan tersebut.

Selain pembangunan dua ruas tol ini, pemerintah juga akan meningkatkan status dari beberapa jalan di sekitar kawasan Danau Toba menjadi jalan nasional. Salah satunya adalah jalan lingkar luar Danau Toba sepanjang 360 kilometer.

Untuk kawasan sekitar Danau Toba, saat ini di Kabupaten Samosir akan dikembangkan pembangunan Jembatan Tano Ponggol yang menghubungkan Pulau Samosir dan Pulau Sumatera. Jembatan Tano Ponggol ini berpotensi bisa mengembangkan perekonomian warga yang berada di Pulau Samosir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...