Gapki Prediksi Serapan Biodiesel Tahun Ini 20 Persen di Bawah Target

Safrezi Fitra
10 November 2015, 17:06
biodiesel
Katadata | Arief Kamaludin

KATADATA - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) memprediksi penyerapan biodiesel dalam negeri tahun ini tidak akan mencapai target. Gapki menargetkan penjualan biodiesel bisa mencapai 1,5 juta kiloliter tahun ini, sedikit lebih tinggi dari tahun lalu sebesar 1,45 juta ton. Realisasi tahun ini kemungkinan maksimal hanya akan mencapai 1,2 juta kiloliter.

Sekretaris Jenderal Gapki Togar Sitanggang mengatakan penyerapan biodiesel dalam 10 bulan terakhir masih rendah. Kebijakan wajib (mandatory) menggunakan 15 persen biodiesel dalam campuran solar (B15) yang dikeluarkan pemerintah pada Agustus lalu, ternyata belum terlalu banyak berpengaruh.

Dalam tiga bulan sejak Agustus hingga Oktober, penyerapan biodiesel hanya 158.411 kilo liter. Sepanjang Januari hingga Oktober tahun ini, penyerapan biodiesel hanya mencapi 658 ribu kiloliter. Padahal target Gapki tahun ini penyerapan biodiesel sebesar 300.000 kiloliter per bulan.

Untuk mencapai target, tidak mungkin dengan hanya mengandalkan penyerapan dalam dua bulan terakhir saja tahun ini. "Jadi November dan Desember diprediksi serapan biodisel sekitar 300-500 kiloliter," ujarnya dalam konferensi Pers di Gedung GAPKI Jakarta, Selasa (10/11).

(Baca: Pemerintah Genjot Produksi Biodiesel Lebih dari 8,5 Juta KL)

Kebijakan B15 sepertinya tidak mampu mendongkrak volume penyerapan biodiesel dalam negeri. Kemungkinan banyak pihak yang belum yakin sepenuhnya Indonesia bisa menerapkan kebijakan ini secara tegas. Apalagi saat itu belum ada kejelasan mengenai subsidi biodiesel.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...