9 Makanan yang Mengandung Protein Nabati dan Cocok untuk Vegetarian

Siti Nur Aeni
5 Agustus 2021, 19:28
makanan, makanan yang mengandung protein, sumber protein, protein nabati, makanan tinggi protein, makanan protein tinggi, tempe, tahu, kacang hijau, kacang kedelai
pixabay.com
Tempe salah satu sumber protein nabati yang mudah dijumpai

Sumber protein yang bisa kita konsumsi setiap harinya bisa berasal dari protein hewani ataupun protein nabati. Keduanya dibutuhkan oleh tubuh, namun saat ini banyak yang beralih ke gaya hidup plant base atau mengurangi konsumsi daging dan makanan dari hewan lainnya.

Saat ini tren konsumsi makanan yang mengandung protein nabati menjadi semakin meningkat. Ada beberapa jenis makanan yang megantung protein nabati, berikut ini penjabarannya:

Advertisement

Pilihan Makanan yang Mengandung Protein Nabati

1. Tempe

Tempe menjadi salah satu sumber protein nabati yang paling mudah didapat dan harganya sangat terjangkau. Tempe terbuat dari kedelai yang telah mengalami fermentasi. Bahan makanan yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat dan nikmati.

Setiap 100 gram tempe memiliki kandungan kurang lebih 20,8 gram protein, 8,8 lemak, 13,5 karbohidrat, 1,4 gram serat, dan beberapa nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh.

2. Tahu

Tahu juga menjadi makanan yang mengandung protein tinggi. Tahu terbuat dari kedelai yang difermentasi seperti tempe, tapi teksturnya lebih lembut. Kandungan protein yang ada di dalam 100 gram tahu sekitar 8 gram protein.

Tahu juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti magnesium, fosfor, tembaga, selenium, kalsium, dan mangan. Makanan yang satu ini banyak variannya ada tahu putih, tahu kuning, tahu kulit, hingga tahu susu juga ada. Tahu bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang cocok untuk disantap kapan saja.

3. Kedelai Jepang

Kedelai Jepang atau edamame menjadi salah satu makanan yang mengandung protein nabati berikutnya. Berbeda dengan kedelai pada umumnya, edamame ini memiliki ukuran yang lebih besar dan jika dimasak teksturnya lebih empuk.

Makanan yang satu ini memiliki kandungan protein cukup tinggi. Dalam 100 gram edamame ada sekitar 11,4 gram protein. Edamame juga memiliki kandungan karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, dan lipid yang baik untuk tubuh. Edamame ini enak dinikmati dengan cara direbus atau kukus kemudian menjadi camilan di sore hari dengan teh hangat.

4. Kacang Arab

Makanan yang mengandung protein selanjutnya yaitu kacang Arab atau Chickpea. Kacang-kacangan ini memiliki kandungan protein sebanyak 9 gram dalam 100 gram chickpea. Selain itu, ada juga kandungan nutrisi lainnya seperti serat, folat, mangan, lemak jenuh, koleterol, dan sodium.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement