9 Makanan yang Mengandung Protein Nabati dan Cocok untuk Vegetarian

Ada beberapa jenis makanan yang megantung protein nabati, berikut ini penjabarannya:
Image title
5 Agustus 2021, 19:28
makanan, makanan yang mengandung protein, sumber protein, protein nabati, makanan tinggi protein, makanan protein tinggi, tempe, tahu, kacang hijau, kacang kedelai
pixabay.com
Tempe salah satu sumber protein nabati yang mudah dijumpai

Sumber protein yang bisa kita konsumsi setiap harinya bisa berasal dari protein hewani ataupun protein nabati. Keduanya dibutuhkan oleh tubuh, namun saat ini banyak yang beralih ke gaya hidup plant base atau mengurangi konsumsi daging dan makanan dari hewan lainnya.

Saat ini tren konsumsi makanan yang mengandung protein nabati menjadi semakin meningkat. Ada beberapa jenis makanan yang megantung protein nabati, berikut ini penjabarannya:

Pilihan Makanan yang Mengandung Protein Nabati

1. Tempe

Tempe menjadi salah satu sumber protein nabati yang paling mudah didapat dan harganya sangat terjangkau. Tempe terbuat dari kedelai yang telah mengalami fermentasi. Bahan makanan yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat dan nikmati.

Setiap 100 gram tempe memiliki kandungan kurang lebih 20,8 gram protein, 8,8 lemak, 13,5 karbohidrat, 1,4 gram serat, dan beberapa nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh.

2. Tahu

Tahu juga menjadi makanan yang mengandung protein tinggi. Tahu terbuat dari kedelai yang difermentasi seperti tempe, tapi teksturnya lebih lembut. Kandungan protein yang ada di dalam 100 gram tahu sekitar 8 gram protein.

Tahu juga memiliki kandungan nutrisi lain seperti magnesium, fosfor, tembaga, selenium, kalsium, dan mangan. Makanan yang satu ini banyak variannya ada tahu putih, tahu kuning, tahu kulit, hingga tahu susu juga ada. Tahu bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang cocok untuk disantap kapan saja.

3. Kedelai Jepang

Kedelai Jepang atau edamame menjadi salah satu makanan yang mengandung protein nabati berikutnya. Berbeda dengan kedelai pada umumnya, edamame ini memiliki ukuran yang lebih besar dan jika dimasak teksturnya lebih empuk.

Makanan yang satu ini memiliki kandungan protein cukup tinggi. Dalam 100 gram edamame ada sekitar 11,4 gram protein. Edamame juga memiliki kandungan karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, dan lipid yang baik untuk tubuh. Edamame ini enak dinikmati dengan cara direbus atau kukus kemudian menjadi camilan di sore hari dengan teh hangat.

4. Kacang Arab

Makanan yang mengandung protein selanjutnya yaitu kacang Arab atau Chickpea. Kacang-kacangan ini memiliki kandungan protein sebanyak 9 gram dalam 100 gram chickpea. Selain itu, ada juga kandungan nutrisi lainnya seperti serat, folat, mangan, lemak jenuh, koleterol, dan sodium.

5. Kacang hijau

Masih dari kelopok kacang-kacangan, makanan yang mengandung protein nabati selanjutnya yaitu kacang hijau. Biasanya bahan makanan yang satu ini dijadikan makanan olahan seperti bubur kacang hijau. Setelah di masak, kacang hijau akan memiliki tekstur yang lembut dan mekar.

Kandungan protein dalam satu cangkir kacang hijau mencapai 9 gram. Kacang berwarna hijau ini juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, vitamin A, vitamin C, vitamin K, fosfor, folat, mangan, seng, magnesium, dan beberapa nutrisi baik lainnya.

6. Susu kedelai

Jika sebelumnya kita mengenal kedelai Jepang sebagai makanan yang menandung protein nabati, ada produk turunan dari kedelai yang juga memiliki kandungan protein cukup tinggi. Produk tersebut yaitu susu kedelai. Kandungan protein yang ada di dalam 240 ml susu kedelai sekitar 7 gram.

Susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium, vitamin D, dan vitamin B12 yang menyehatkan tubuh. Susu dari kedelai ini biasanya menjadi alternatif pilihan jika seseorang memiliki alergi terhadap susu sapi.

7. Brokoli

Selain dari jenis kacang-kacangan, sumber protein nabati juga bisa berasal dari sayuran. Sayuran yang mengandung protein salah satunya brokoli. Pada satu cangkir brokoli ternyata memiliki kandungan protein sekitar 2,8 gram. Tidak hanya protein, brokoli juga kaya akan vitamin C dan vitamin K yang bisa membantu meminimalisir risiko kanker.

8. Kentang

Sayuran berikutnya yang juga menjadi makanan yang mengandung protein tinggi ialah kentang. Meskipun terkenal sumber karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan protein sekitar 5 gram pada kentang yang berukuran besar. Selain itu, sayur dari jenis umbi ini juga memiliki kandungan vitamin C dan vitamin B6 yang baik untuk tubuh. Anda bisa mengkonsumsi kentang dengan cara direbus atau diolah menjadi masakan lain.

9. Bayam

Pilihan makanan yang mengandung protein nabati selanjutnya bisa berasal dari sayur bayam. Sayuran ini memiliki kandungan protein sekitar 3 gram dalam 100 gram bayam. Tidak hanya itu, bayam juga memiliki nutrisi baik lainnya seperti serat sekitar 2,4 gram, vitamin C, kalsium, dan vitamin A.

Demikian rekomendasi beberapa makanan yang mengandung protein nabati khusus untuk anda yang ingin mengganti sumber protein atau ingin lebih bervariasi dalam menyantap makanan berprotein setiap harinya. Tanaman yang diolah dengan benar bisa menjadi sajian makanan yang lezat dan nikmat. Anda bisa berkreasi dengan berbagai resep masakan menggunakan bahan-bahan kaya protein nabati yang sudah dijelaskan di atas.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait