Mangkoenagoro X: Musik dan Kuliner Jaga Budaya Pura Mangkunegaran

Shabrina Paramacitra
Oleh Shabrina Paramacitra - Tim Publikasi Katadata
2 Maret 2023, 20:07
Peringatan hari jadi atau Adeging Pura Mangkunegaran dikemas sebagai cara pura menjaga relevansi dan kedekatan kebudayaan dengan masyarakat.
Katadata
Suasana konferensi pers Adeging Pura Mangkunegaran di Kulonuwun Kopi Saka Omah Sinten, Surakarta, Jawa Tengah, pada Kamis (2/3/2023).

Tahun ini Pura Mangkunegaran genap berusia 266 tahun. Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran, serta lomba lari Mangkunegaran Run in Solo, siap memeriahkan perayaan usia baru tersebut. Puncak perayaan hari jadi ke-266 Pura Mangkunegaran akan digelar pada Minggu (12/3).

Sejumlah musisi dan aneka sajian makanan dari pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Solo akan meramaikan Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran. Acara ini bakal digelar di Pamedan Pura Mangkunegaran.

Pemimpin Pura Mangkunegaran, Sri Paduka Mangkoenagoro X, mengatakan kebudayaan perlu dijaga relevansinya. Salah satu caranya adalah dengan membuat kebudayaan lebih dekat dengan masyarakat.

“Laras Hati Mangkunegaran merupakan kolaborasi antara Pura Mangkunegaran dengan Katadata Indonesia dan Yayasan DNC untuk menjaga kebudayaan,” ujarnya dalam konferensi pers Adeging Pura Mangkunegaran, Kamis (2/3).

Ia menyadari, pelestarian kebudayaan perlu dilakukan di tengah dinamika kondisi masyarakat. “Regenerasi di masyarakat terus terjadi, namun kebudayaan harus dilestarikan,” kata Mangkoenagoro X. Menurutnya, rangkaian acara Ini merupakan representasi identitas Kota Solo.

Co-founder dan COO Katadata Indonesia, Ade Wahyudi, mengatakan sejumlah musisi seperti Marion Jola, Vina Panduwinata, dan grup musik RAN siap memeriahkan Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran.

Selain itu, ada pula Brigitta Hardi bersama Paduan Suara Mahasiswa Voca Erudita Universitas Sebelas Maret Surakarta, Endah Laras, grup musik Diskoria, serta penampilan spesial tribute to Didi Kempot. “Selain hiburan musik dan beragam kuliner, festival itu juga menyediakan pembagian paket minuman dan makanan gratis untuk pengunjung,” ujar Ade.

Dalam kesempatan yang sama, Endah Laras mengatakan acara Festival Musik dan Kuliner Laras Hati Mangkunegaran membawa semangat pelestarian budaya yang kental. “Saya berterima kasih kepada Sri Paduka Mangkoenagoro X, Pura Mangkunegaran, dan para panitia yang menyelenggarakan rangkaian acara Pura Mangkunegaran ke-266,” ucapnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...