10 Negara Terbesar di Dunia, Indonesia Tidak Termasuk

Siti Nur Aeni
12 Oktober 2021, 09:30
Peta negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya
worldatlas.com
Peta negara-negara terbesar di dunia berdasarkan luas wilayahnya

Bumi kita terbagi menjadi beberapa negara yang memiliki luas wilayah berbeda. Adanya perbedaan tersebut membuat negara terbagi menjadi kelompok negara terbesar di dunia dan negara terkecil di dunia.

Ada negara yang memiliki daratan lebih luas, namun ada juga yang perairannya lebih luas. Perbedaan-perbedaan tersebut membuat setiap negara memiliki potensi yang berbeda. 

Urutan Negara Terbesar Di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah

Berbicara mengenai negara terbesar di dunia mungkin kita akan bertanya apakah Indonesia termasuk didalamnya? Mengutip dari worldatlas.com, berikut 10 negara terbesar berdasarkan luas wilayahnya.

1. Rusia

Posisi pertama di duduki oleh Rusia. Luas negara ini mencapai 17,1 juta kilometer dengan wilayah terbesar ada di Siberia. Rusia berbatasan langsung dengan 11 negara yang berbeda.

Negara ini memiliki cadangan minyak yang besar tepatnya ada di bawah hutan beku dan tundra. Akan tetapi minyak di Rusia belum dikelola sebab terkendala biaya dan kesulitan proses ekstraksi.

Populasi di negara ini yaitu sebanyak 142 juta jiwa. Namun angka tersebut tidak membuat Rusia menjadi negara padat penduduk.

2. Kanada

Negara terluas di dunia selanjutnya yaitu Kanada. Negara ini memiliki luas 9,9 juta kilometer dengan panjang garis pantai kurang lebih 200 ribu kilometer. Negara ini terkenal dengan keindahan alamnya. Pegunungan Rocky menjadi salah satu buktinya.

Kanada berada di antara kutub utara dan Amerika Serika. Negara ini terkenal dengan kehidupan rusa besar dan beruang kutub. Kekayaan alam lainnya yaitu banyaknya danau yang dimiliki Kanada. Diketahui ada lebih dari 3.000 danau yang ada di negara ini.

Kekayaan lainnya yang dimiliki Kanada yaitu cadangan minyak bumi yang melimpah. Negara ini menempati posisi kedua setelah Arab Saudi sebagai negara dengan cadangan minyak bumi terbesar.

Dari segi pendidikan, masyarakat Kanada memiliki kebiasaan baik yaitu gemar membaca. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya perpustaan umum yang berdiri di Kanada. Tak tanggung-tanggung negara ini bahkan memiliki 22.000 perpustakaan umum yang tersebar di berbagai tempat.

3. Amerika Serikat

Negara ketiga yang memiliki luas wilayah terbesar yaitu Amerika Serikat. Negara super power ini memiliki luas wilayah 9,8 juta kilometer persegi. Amerika memiliki sumberdaya alam yang berlimpah mulai dari emas, batu bara, minyak, dan tanah yang luas serta subur.

Yang menjadikan negara ini semakin maju yaitu karena sumber daya manusia di Amerika juga sangat berkualitas sehingga bisa mengelola kekayaannya sendiri. Di dunia Internasional, Amerika Serikat banyak mengambil peran dalam berbagai bidang.

4. Cina

Negara ini memiliki wilayah seluas 9,6 juta kilometer persegi dan menjadi negara terbesar di dunia nomor empat. Selain wilayahnya yang luas, Cina juga menjadi negara terpadat di dunia karena populasinya sangat besar. Bahkan keturunan Cina bisa ditemukan di berbagai negara.

Negara ini memiliki keunikan dari segi budaya dan gaya hidup masyarakatnya. Dari segi ekonomi negara ini cukup maju. Bahkan pada tahun 2017, Cina menjadi negara eksportir terbesar dengan nilai ekspor mencapai $2.263 triliun.

5. Brasil

Brasil menjadi negara kelima yang memiliki luas wilayah terluas. Negara ini berbatasan langsung dengan sepuluh negara antara lain Argentina, Uruguay, Paraguay, Peru, Kolombia, Bolivia, Guyana, Venezuela, Guyana Prancis, dan Surname.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...