6 Fungsi Darah untuk Tubuh Manusia yang Harus Diketahui

Siti Nur Aeni
4 Januari 2022, 09:14
6 Fungsi Darah untuk Tubuh Manusia yang Harus Diketahui
pixabay.com
Ilustrasi darah pada tubuh manusia

Fungsi darah untuk tubuh manusia sangatlah penting. Darah merupakan kombinasi antara plasma dan sel-sel yang beredar di seluruh tubuh. Mengutip dari sehatq.com, darah yang mengalir dalam orang dewasa setara dengan 7% bobot tubuh orang tersebut.

Dengan jumlah yang cukup banyak membuat darah memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga metabolisme tubuh. Perlu dipahami bahwa salah satu fungsi darah adalah untuk memasok zat penting yang dibutuhkan tubuh seperti; gula, oksigen, dan homon.

Fungsi tersebut ditunjang dengan adanya organ yang memiliki tugas untuk memompa darah. Organ tersebut yaitu jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh sehingga kebutuhan oksigen dan nutrisi terpenuhi.

Fungsi Darah pada Manusia

Darah memiliki kompenen utama seperti plasma, sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit. Setiap komponen memiliki tugas yang berbeda. Melansir dari halodoc.com, berikut beberapa fungsi darah dalam tubuh manusia yang perlu dipahami.

1. Memasok Oksigen ke Sel dan Jaringan

Darah berguna untuk mengambil oksigen dari udara yang ada di paru-paru kemudian menyebarkan ke seluruh sel dan jaringan. Setelah itu, darha juga yang akan membuang karbon dioksida dari sel dan mengangkut ke paru-paru untuk dikeluarkan dari tubuh.

2. Membawa Nutrisi dan Hormon

Fungsi darah bagi manusia lainnya yaitu untuk membawa nutrisi dan hormon. Darah berguna dalam sistem pencernaan dan fungsi sistem endokrin. Nutrisi yang telah selesai dicerna akan diserap dalam aliran darah lewat pembuluh kapiler di usus halus.

Beberapa nutrisi yang diangkut seperti; asam amino, asam lemak, vitamin, mineral, dan glukosa. Nutrisi tersebut akan diedarkan oleh darah ke sel-sel tubuh.

Selain itu, darah juga membantu mengedarkan hormon yang dihasilkan dari berbagai kelenjar di sistem endokrin. Hormon tersebut akan dibawa ke sel dan organ yang menjadi targetnya.

3. Mengatur Suhu Badan

Darah juga berperan untuk mengatur suhu badan. Darah akan menyerap dan mendistribusikan panas ke seluruh tubuh. Cairan tersebut bisa membantu mempertahankan homeostatis lewat pernapasan atau konservasi kehangatan.

Sebagai tambahan informasi, homeostatais adalah pengaturan kondisi dalam tubuh seperti suhu, kadar air, dan jumlah karbon dioksida. Selain itu, pembuluh darah juga bisa mengembang dan berkontrasi saat bereaksi dengan organisme luar seperti bakteri atau homon internal.

Kondisi tersebut membuat lebih banyak panas yang dibawa oleh darah ke kulit dan bisa membuat panas hilang ke udara. Pembuluh darah juga bisa menyusut untuk mengurangi kehilangan panas melalui kulit setelah suhu mulai normal.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...