6 Manfaat Ikan Salmon untuk Anak dan Cara Mengolahnya

Sebagai jenis ikan yang kaya nutrisi, ikan salmon cocok untuk menjadi menu makanan anak. Apa saja manfaat ikan salmon untuk anak? Simak penjelasannya berikut ini.
Image title
11 Januari 2022, 17:28
6 Manfaat Ikan Salmon untuk Anak dan Cara Mengolahnya
Unsplash/Caroline Attwood
Tampilan hidangan olahan ikan salmon

Ada banyak manfaat ikan salmon untuk anak yang perlu orang tua pahami. Ikan salmon merupakan jenis ikan laut dengan kandungan nutrisi yang lengkap. Kandungan ikan salmon antara lain protein, lemak, mineral, dan vitamin. Nutrisi tersebut dibutuhkan anak untuk membantu pertumbuhan dan perkembangannya.

Selain itu, ikan salmon juga memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok untuk dikonsumsi anak-anak. Bahkan ikan salmon juga bisa menjadi pilihan makanan pendamping ASI untuk bayi. Mengutip dari sehatq.com dan halodoc.com, berikut ini beberapa manfaat ikan salmon untuk bayi dan anak-anak.

Manfaat Ikan Salmon untuk Anak-anak

1. Membantu Perkembangan Otak

Ikan salmon diketahui mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak bayi dan menunjang kemampuan kognitifnya. Dengan konsumsi ikan salmon dipercaya berguna untuk koordinasi, meningkatkan fokus, keterampilan, dan kecerdasan pada anak.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Konsumsi ikan salmon juga terbukti bisa menyehatkan jantung. Sebab ikan ini mengandung omega-3 yang dapat menjaga kesehatan jantung dalam jangka panjang.

Advertisement

3. Memelihara Kesehatan Mata

Manfaat ikan salmon lainnya yaitu bisa menjaga kesehatan mata anak. Manfaat ini bisa diperoleh karena ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membuat mata lebih sehat.

4. Membantu Penyerapan Nutrisi

Kandungan asam lemak omega-3 yang ada dalam ikan salmon juga berguna untuk membantu penyerapan nutrisi. Bagi bayi dan anak-anak, nutrisi sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan menunjang pertumbuhan. Dengan demikian, bayi terhindari dari risiko malunutrisi atau stunting.

5. Memelihara Kesehatan Kulit

Memberikan ikan salmon dalam menu makanan si kecil ternyata bisa membantu memelihara kesehatan kulit anak. Kandungan asam lemak esensial yang ada dalam salmon dipercaya bisa mendorong kulit untuk menahan air dan membuat kulit menjadi lebih lembap dan halus.

Selain itu, konsumsi ikan salmon juga dipercaya bisa mencegah beberapa risiko penyakit kulit pada bayi dan anak.

6. Mencegah Penyakit

Manfaat ikan salmo untuk anak berikutnya yaitu mencegah anak terserang berbagai penyakit. Kandungan asam amino dalam ikan salmon dipercaya bisa memelihara kesehatan pencernaan. Selain itu, ikan salmon juga berguna untuk mencegah penyakit berbahaya seperti radang sendi, kardiovaskular, dan diabetes.

Cara Memasak Ikan Salmon dengan Tepat

Untuk mendapat manfaat dari ikan salmon, maka kita perlu mengetahui cara tepat untuk mengolah ikan ini. Pengolahan yang salah bisa menyebabkan nutrisi yang ada didalamnya hilang. Melansir dari hellosehat.com, berikut ini beberapa cara memasak ikan salmon dengan tepat.

1. Dibakar

Cara memasak ikan salmon yang pertama yaitu dengan cara dibakar. Ikan ini memiliki daging yang lunak sehingga lebih cepat matang. Selain itu, ikan salmon bakar juga dinilai lebih sehat. Anda juga diperlu menambahkan lemak terlalu banyak, cukup olesi sedikit minyak agar ikan ini tidak lengket.

Waktu untuk membakar ikan salmon relatif singkat yaitu sekitar 10-15 menit saja. Untuk menambahkan rasa yang lebih juicy, Anda bisa menambahkan jeruk nipis di atasnya. Tambahkan juga sayuran untuk menambah asupan gizi.

Jika ingin disajikan sebagai makanan anak, maka pastikan ikan salmon telah matang sempurna.

2. Direbus

Cara memasak ikan salmon berikutnya yaitu direbus. Untuk merebus ikan salmon juga cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan potongan salmon ke dalam air kemudian tunggu sekitar 10 menit.

Selain merebus bersama air biasa, Anda juga bisa merebus ikan salmon bersama kaldu sayur dan beragam bumbu lainnya. Ikan salmon rebus memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok untuk disantap anak-anak.  Jangan lupa untuk menambahkan sayuran agar supan nutrisinya semakin lengkap.

3. Dipanggang

Ikan salmon juga bisa disajikan dengan cara dipanggang. Cara memasak yang satu ini sangat sehat, sebab Anda tidak perlu menambahkan lemak atau kalori tambahan ke dalam olahan salmon tersebut. Proses pemanggangan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan cara dibakar ataupun direbus.

Proses pemanggangan ikan salmon membutuhkan waktu sekitar 20-39 menit di dalam oven. Waktu pemanggangan sangat dipengaruhi oleh suhu oven tersebut. Untuk menambah cita rasa salmon panggang, Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan minyak zaitun.

Apabila salmon panggang sudah matanag, Anda bisa menambahkan irisan kubis dan kacang kenari. Dengan demikian, makanan yang tersaji tidak hanya lezat namun memiliki nutrisi yang lengkap.

4. Diasap

Cara memasak ikan salmon berikutnya yaitu dengan cara diasap. Untuk mengolah dengan cara ini, Anda harus terlebih dahulu membuat bumbu racikan. Setelah itu, bumbui salmon dan diamkan sampai bumbunya meresap.

Kemudian Anda bisa mulai memasak ikan salmon dengan cara diasap sampai matang. Perlu diketahui bahwa kandungan asam omega-3 dalam salmon asap cenderung lebih sedikit dibandingkan salmon segar.

Maka dari itu, apabila Anda ingin membeli salmon asap siap saji atau dalam kemasan, pastikan untuk memperhatikan informasi gizi yang ada di kemasannya.  

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait