7 Cara Menjadi Influencer Sukses yang Bisa Diikuti

Siti Nur Aeni
11 Maret 2022, 22:21
Potret youtuber dan influencer Atta Halilintar bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani
instagram/Sri Mulyani
Potret youtuber dan influencer Atta Halilintar bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani

Sosial media yang sudah semakin masif, membuat jumlah influencer Indonesia dan dunia terus bertambah dari waktu ke waktu. Pengaruh mereka dalam kehidupan sosial juga cukup tinggi. Popularitas yang tinggi membuat banyak di antara mereka yang memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan.

Kini banyak influencer yang bekerja sama dengan brand atau perusahaan tertentu untuk mempromosikan produk tersebut. Tak hanya itu, beberapa platform sosial media bahkan memberikan harga untuk setiap konten yang mereka unggah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pendapatan yang relatif besar, membuat banyak orang tergiur untuk menjadi influencer. Lalu, apa sebenarnya influencer itu? Bagaimanakah cara untuk menjadi influencer? Termukan jawabannya pada pembahasan berikut ini.

Mengenal Makna Influencer

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menjadi influencer, tak ada salahnya jika kita terlebih dahulu memahami konsep influencer. Secara bahasa influencer adalah pemengaruh.

Kata tersebut bisa dimaknai sebagai sesuatu atau seseorang yang bisa memberikan pengaruh kepada orang lain. Jika melihat ekosistem media sosial, seseorang disebut sebagai influencer karena bisa memberikan pengaruh lewat konten yang diunggahnya.

Menggunakan jasa influencer untuk meningkatkan penjualan ternyata cukup efektif. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya produk yang dipromosikan para influencer. Kondisi tersebut juga turut mempengaruhi harga dari jasa influencer tersebut.

Sebuah laporan dari Visual Capitalist yang dikeluarkan pada 2021, menunjukan bahwa biaya penggunaan jasa influencer terus meningkat dari tahun ke tahun. Di tahun 2021, biaya jasa influencer mencapai Rp198 triliun.

Manfaat Influencer Bagi Para Pengusaha

Kini influencer sangat identik dengan promosi produk. Hal ini dikarenakan hampir semua influencer membuka jasa endorsement. Menggunakan jasa pesohor ini cukup efektif karena hampir semua orang banyak menghabiskan waktu dengan berselancar di sosial media.

Di lain sisi, para influencer ini memiliki popularitas tinggi dengan followers yang banyak di sosial media. Sehingga menggunakan jasa mereka menjadi pilihan bijak. Adapun manfaat influencer secara lengkap sebagai berikut:

1. Membuat produk lebih dikenal banyak orang

Seorang pengusaha ketika baru mengeluarkan produk baru, umumnya memiliki waktu agar produk tersebut bisa dikenal banyak orang. Salah satu cara cepat untuk membuat produk tersebut lebih dikenal yaitu dengan menggunakan jasa para influencer.

2. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Manfaat influencer lainnya yaitu bisa membuat konsumen lebih percaya dengan sebuah produk. Sebuah produk yang relatif baru umumnya belum banyak dipercayai orang. Dengan tingkat kepercayaan yang masih rendah, tentu saja penjualan juga belum bisa banyak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...