7 Cara Menjadi Influencer Sukses yang Bisa Diikuti

Influencer bisa diartikan sebagai seseorang yang bisa memberikan pengaruh kepada orang lain. Menjadi influencer melalui sosial media relatif mudah. Berikut ini tipsnya.
Image title
11 Maret 2022, 22:21
Potret youtuber dan influencer Atta Halilintar bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani
instagram/Sri Mulyani
Potret youtuber dan influencer Atta Halilintar bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani

Sosial media yang sudah semakin masif, membuat jumlah influencer Indonesia dan dunia terus bertambah dari waktu ke waktu. Pengaruh mereka dalam kehidupan sosial juga cukup tinggi. Popularitas yang tinggi membuat banyak di antara mereka yang memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan.

Kini banyak influencer yang bekerja sama dengan brand atau perusahaan tertentu untuk mempromosikan produk tersebut. Tak hanya itu, beberapa platform sosial media bahkan memberikan harga untuk setiap konten yang mereka unggah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Pendapatan yang relatif besar, membuat banyak orang tergiur untuk menjadi influencer. Lalu, apa sebenarnya influencer itu? Bagaimanakah cara untuk menjadi influencer? Termukan jawabannya pada pembahasan berikut ini.

Mengenal Makna Influencer

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara menjadi influencer, tak ada salahnya jika kita terlebih dahulu memahami konsep influencer. Secara bahasa influencer adalah pemengaruh.

Advertisement

Kata tersebut bisa dimaknai sebagai sesuatu atau seseorang yang bisa memberikan pengaruh kepada orang lain. Jika melihat ekosistem media sosial, seseorang disebut sebagai influencer karena bisa memberikan pengaruh lewat konten yang diunggahnya.

Menggunakan jasa influencer untuk meningkatkan penjualan ternyata cukup efektif. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya produk yang dipromosikan para influencer. Kondisi tersebut juga turut mempengaruhi harga dari jasa influencer tersebut.

Sebuah laporan dari Visual Capitalist yang dikeluarkan pada 2021, menunjukan bahwa biaya penggunaan jasa influencer terus meningkat dari tahun ke tahun. Di tahun 2021, biaya jasa influencer mencapai Rp198 triliun.

Manfaat Influencer Bagi Para Pengusaha

Kini influencer sangat identik dengan promosi produk. Hal ini dikarenakan hampir semua influencer membuka jasa endorsement. Menggunakan jasa pesohor ini cukup efektif karena hampir semua orang banyak menghabiskan waktu dengan berselancar di sosial media.

Di lain sisi, para influencer ini memiliki popularitas tinggi dengan followers yang banyak di sosial media. Sehingga menggunakan jasa mereka menjadi pilihan bijak. Adapun manfaat influencer secara lengkap sebagai berikut:

1. Membuat produk lebih dikenal banyak orang

Seorang pengusaha ketika baru mengeluarkan produk baru, umumnya memiliki waktu agar produk tersebut bisa dikenal banyak orang. Salah satu cara cepat untuk membuat produk tersebut lebih dikenal yaitu dengan menggunakan jasa para influencer.

2. Meningkatkan kepercayaan konsumen

Manfaat influencer lainnya yaitu bisa membuat konsumen lebih percaya dengan sebuah produk. Sebuah produk yang relatif baru umumnya belum banyak dipercayai orang. Dengan tingkat kepercayaan yang masih rendah, tentu saja penjualan juga belum bisa banyak.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggandeng para pesohor. Nama besar yang mereka miliki membuat banyak orang bisa lebih tertarik dan percaya dengan produk yang dipromosikannya. Terlebih jika produk yang dipromosikan sesuai dengan keahlian si influencer.

3. Meningkatkan penjualan

Ketika banyak orang sudah mengenal dan mulai tertarik dengan produk Anda, maka peluang produk tersebut terjual semakin besar. Dengan berbagai konten promosi yang dilakukan para influencer, umumnya orang yang melihat konten tersebut menjadi tertarik.

Jika sudah tertarik, maka orang-orang tersebut akan mulai mengunjungi platform penjualan yang Anda miliki, baik mengunjungi akun sosial media atau toko online Anda di e-commerce. Tahapan lanjutan setelah mengunjungi tempat penjualan, biasanya sebagian besar dari mereka akan membelinya.

Cara Menjadi Influencer Sukses

Siapa saja bisa menjadi seorang influencer. Namun tidak semua influencer yang mampu bertahan di tengah persaingan. Maka dari itu, untuk menjadi influencer yang sukses, kita perlu membuat strategi dan persiapan yang matang. Bagi Anda yang ingin menjadi influencer, berikut ini caranya:

1. Bangun personal branding

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin menjadi influencer yang sukses yaitu membangun personal branding. Buatlah konsep konten yang matang dan terstruktur, dengan demikian konten yang Anda bagikan berkualitas.

Jangan hanya mengandalkan sensasi saja. Walaupun bisa membuat nama Anda mudah dikenal, namun sensasi tidak akan membuat nama Anda terus berada di puncak. Sebagai penyedia jasa, maka seorang influencer harus memiliki konten berkualitas yang menjadi ciri khasnya.

2. Menentukan target

Setiap karya pasti memiliki penikmatnya masing-masing. Hal ini juga berlaku untuk para influncer dengan konten-konten yang diproduksinya. Untuk menjadi influencer yang sukses, maka Anda harus terlebih dahulu menetukan target pasar. Pasalnya target ini yang nantinya akan mempengaruhi jenis konten yang dibagikannya termasuk konten promosi dan produk endorsement yang datang kepadanya.

3. Membuat konten pilar

Konten pilar adalah konten yang berisi jawaban lengkap dan rancangan untuk memperoleh pengaruh tinggi di mesin pencari. Konten pilar bisa disesuaikan dengan media sosial yang sedang Anda bangun. Konten pilar ini jugalah yang nantinya akan menjadi acuan Anda dalam membuat konten lain. lakukanlah riset untuk mendapatkan konten pilar terbaik.

4. Merapikan dan merancang konten

Setelah mengetahui konten pilar yang akan dibuat, langkah selanjutnya yaitu merapikan dan merancang konten. Anda bisa memulai dengan merapikan postingan di media sosial, kemudian membuat konten lain yang relate. Gunakan juga sentuhan editing agar konten yang dibuat semakin menarik.

5. Buat jadwal posting

Setelah merancang konteng, tugas influencer lainnya yaitu membuat jadwal unggah secara rutin. Anda bisa mengunggah konten satu minggu sekali atau beberapa hari sekali. Konsisten dalam membuat dan mengunggah konten menjadi kunci untuk meraih kesuksesan sebagai influencer.

6. Lakukan interaksi dengan audiens

Interaksi dengan followers bisa membuat akun sosial media yang kita memiliki mempunyai engagement rate yang tinggi. Interaksi yang cukup mudah dilakukan yaitu dengan membalas komentar yang ada di sosial media Anda.

7. Upgrade kemampuan

Seorang influencer sukses harus bisa mengikuti perkembangan teknologi. Saat ini sosial media sudah sangat berkembang, maka dari itu kemampuan dalam berkarya juga harus disesuaikan dengan kondisi pasar.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait