Ragam Manfaat Cumi Cumi untuk Kesehatan Tubuh

Dibalik rasanya yang nikmat, ternyata manfaat cumi cumi sangat baik untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya? Ini penjelasan lengkapnya.
Image title
12 Mei 2022, 06:58
Ragam Manfaat Cumi Cumi untuk Kesehatan Tubuh
pexels.com
Hidangan cumi-cumi

Cumi-cumi merupakan makanan laut yang cukup banyak digemari. Rasanya yang enak dipadukan dengan tekstur yang unik membuat banyak orang ketagihan saat menikmati hidangan laut ini. Tak hanya enak, manfaat cumi cumi ternyata cukup beragam. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Cumi Cumi Bagi Manusia

Cumi-cumi diketahui mengandung beragam nutrisi seperti kalori, air, protein, kalsium, natrium, fosfor, kalium, beta karoten, vitamin B12, dan vitamin E yang baik untuk tubuh manusia. Nutrisi tersebutlah yang membuat cumi-cumi menjadi makanan yang menyehatkan. Berdasarkan penjelasan di hellosehat.com, berikut beberapa manfaat cumi cumi bagi manusia.

1. Berperan dalam pembentukan sel darah merah

Cumi-cumi diketahui mengandung vitamin B6 dan B12. Kedua vitamin tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk beberapa hal. Vitamin B12 diketahui berguna untuk memelihara otak dan saraf serta berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah.

Sementara itu, vitamin B6 berguna untuk menyimpan energi, protein, dan karbohidrat. Manfaat lainnya yaitu untuk membantu pergerakan hemoglobin dalam tubuh.

Advertisement

2. Memelihara keseimbangan cairan tubuh

Perlu diketahui, tubuh kita membutuhkan natrium dan sodium untuk menjaga cairan dan darah. Dengan demikian, tubuh dapat berfungsi dengan normal. Tak hanya itu, natrium pada cumi-cumi juga diketahui bisa berfungsi untuk menjaga saraf dan mempengaruhi kontraksi serta relaksasi otot.

Namun, Anda juga perlu waspada karena asupan natrium yang terlalu tinggi bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Konsumsilah natrium secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dengan demikian, tubuh dapat merasakan manfaat dari mineral penting ini.

3. Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Manfaat cumi cumi selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan cumi-cumi mengandung mineral penting seperti kalsium, selenium, dan fosfor. Selenium merupakan senyawa antioksidan yang berperan penting dalam memelihara kekuatan tubuh dan mencegah terjadinya kerusakan sel.

Sementara itu, fosfor berguna untuk membentuk dan menjaga kekuatan tulang dan gigi. Tak hanya itu, fosfor juga berguna untuk menyimpan energi serta memelihara dan memperbaiki jaringan sel tubuh.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat lainnya dari cumi-cumi yaitu dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan lemak jenuh dalam cumi-cumi cukup rendah. Selain itu, cumi-cumi juga diketahui mengandung lemak tak jenuh atau lemak baik.

Lemak tak jenuh ini berguna untuk membantu menurunkan kolesterol LDL jahat dan meningkatkan kolesterol HDL baik. Lemak baik ini juga berfungsi sebagai sumber energi dan dapat membantu penyerapan vitamin yang larut dalam lemak berupa vitamin A, D, E, K.

5. Menyeimbangkan tekanan darah

Selain mengandung lemak baik, cumi-cumi juga diketahui mengandung kalium yang tinggi. Mineral ini berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah terkontrol, maka risiko terkena penyakit jantung dan stroke menjadi rendah.

Manfaat Cumi untuk Ibu Hamil

Cumi-cumi juga termasuk makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Pasalnya, makanan laut ini mengandung nutrisi yang beragam. Menurut penjelasan di alodokter.com, cumi termasuk makanan laut yang aman untuk ibu hamil. Hal tersebut dikarenkan makanan ini tidak banyak mengandung merkuri.

Selain itu, cumi memiliki mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk menunjang perkembangan mata, otak, dan saraf janin dalam kandungan. Nutrisi tersebut juga berperan penting untuk mencegah bayi lahir prematur dan depresi setelah melahirkan.

Cumi juga diketahui mengandung zat besi yang berguna untuk mencukupi kebutuhan sel darah merah ibu dan bayi. Zat besi tersebut juga berguna untuk mencegah anemia.

Cumi-cumi memang makanan yang aman dan menyehatkan, namun perlu dipahami bahwa konsumsi cumi berlebihan juga kurang baik. Maka dari itu, konsumsi cumi pada ibu hamil perlu dikontrol. Ibu hamil direkomendasikan mengonsumsi cumi hanya sekitar 12 ons perminggu.

Tak hanya memperhatikan porsinya, konsumsi cumi saat sedang hamil juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Pilihlah cumi yang sedar. Pastikan tidak mengonsumsi cumi yang telah berubah warna, berlendir, dan memiliki aroma yang kurang sedap.
  2. Jangan lupa untuk mencuci tangan sampai bersih sebelum mengolahnya.
  3. Cumi yang akan dimasak juga harus dicuci menggunakan air mengalir sampai benar-benar bersih.
  4. Pastikan memasak cumi sampai matang.
  5. Terakhir, cuci tangan dan bersihkan alat masak setelah mengolah cumi. Hal ini bertujuan untuk mencegah kontaminasi.

Hal lain yang juga perlu dipahami ibu hamil yang ingin mengonsumsi cumi yaitu pastikan makanan laut ini tidak menimbulkan reaksi alergi. Jika ibu hamil memiliki riwayat alergi terhadap cumi-cumi, sebaiknya tidak mengonsumsi makanan laut ini dan menggantinya dengan makanan lain yang lebih aman.

Itulah sederet manfaat cumi cumi bagi manusia yang penting untuk diketahui. Meskipun bermanfaat, namun konsumsi cumi juga tidak boleh berlebihan. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko alergi atau efek samping yang mungkin ditimbulkan setelahnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait