Ragam Manfaat Cumi Cumi untuk Kesehatan Tubuh

Siti Nur Aeni
12 Mei 2022, 06:58
Ragam Manfaat Cumi Cumi untuk Kesehatan Tubuh
pexels.com
Hidangan cumi-cumi

Cumi-cumi merupakan makanan laut yang cukup banyak digemari. Rasanya yang enak dipadukan dengan tekstur yang unik membuat banyak orang ketagihan saat menikmati hidangan laut ini. Tak hanya enak, manfaat cumi cumi ternyata cukup beragam. Apa saja manfaatnya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Cumi Cumi Bagi Manusia

Cumi-cumi diketahui mengandung beragam nutrisi seperti kalori, air, protein, kalsium, natrium, fosfor, kalium, beta karoten, vitamin B12, dan vitamin E yang baik untuk tubuh manusia. Nutrisi tersebutlah yang membuat cumi-cumi menjadi makanan yang menyehatkan. Berdasarkan penjelasan di hellosehat.com, berikut beberapa manfaat cumi cumi bagi manusia.

Advertisement

1. Berperan dalam pembentukan sel darah merah

Cumi-cumi diketahui mengandung vitamin B6 dan B12. Kedua vitamin tersebut sangat dibutuhkan tubuh untuk beberapa hal. Vitamin B12 diketahui berguna untuk memelihara otak dan saraf serta berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah.

Sementara itu, vitamin B6 berguna untuk menyimpan energi, protein, dan karbohidrat. Manfaat lainnya yaitu untuk membantu pergerakan hemoglobin dalam tubuh.

2. Memelihara keseimbangan cairan tubuh

Perlu diketahui, tubuh kita membutuhkan natrium dan sodium untuk menjaga cairan dan darah. Dengan demikian, tubuh dapat berfungsi dengan normal. Tak hanya itu, natrium pada cumi-cumi juga diketahui bisa berfungsi untuk menjaga saraf dan mempengaruhi kontraksi serta relaksasi otot.

Namun, Anda juga perlu waspada karena asupan natrium yang terlalu tinggi bisa menyebabkan tekanan darah meningkat. Konsumsilah natrium secukupnya sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dengan demikian, tubuh dapat merasakan manfaat dari mineral penting ini.

3. Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Manfaat cumi cumi selanjutnya yaitu untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Hal ini dikarenakan cumi-cumi mengandung mineral penting seperti kalsium, selenium, dan fosfor. Selenium merupakan senyawa antioksidan yang berperan penting dalam memelihara kekuatan tubuh dan mencegah terjadinya kerusakan sel.

Sementara itu, fosfor berguna untuk membentuk dan menjaga kekuatan tulang dan gigi. Tak hanya itu, fosfor juga berguna untuk menyimpan energi serta memelihara dan memperbaiki jaringan sel tubuh.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat lainnya dari cumi-cumi yaitu dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan lemak jenuh dalam cumi-cumi cukup rendah. Selain itu, cumi-cumi juga diketahui mengandung lemak tak jenuh atau lemak baik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement