Tips Candid Photography Agar Estetik dan Instagramble

Siti Nur Aeni
4 Juli 2022, 11:56
Tips Candid Photography Agar Estetik dan Instagramble
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Ilustrasi, foto candid di pantai

Candid photography atau yang lebih dikenal foto candid adalah salah satu teknik pengambilan foto. Sebagaimana diterangkan dalam buku “Memotret Anak-anak: Buku Pegangan Fotografi Manual/Digital”,  foto candid adalah teknik memotret dengan cara sembunyi-sembunyi.

Penjelasan seputar candid photography juga diterangkan dalam buku “Literasi Visual: Manfaat dan Muslihat Fotografi”. Pada buku tersebut, foto candid diartikan sebagai istilah yang digunakan untuk foto spontan, diam-diam, dan tanpa pemberitahuan.

Meskipun demikian, saat ini foto candid tidak sepenuhnya diambil diam-diam. Ada juga fotografer yang sengaja mengarahkan model atau objek foto untuk bergaya candid. Lantas, bagaimana tips memotret candid agar tetap natural? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Tips Candid photography Menggunakan Handphone

Untuk memotret candid photography, ternyata bisa dilakukan menggunakan handphone. Agar foto yang dihasilkan tetap estetik, berikut ini sejumlah tips yang bisa Anda terapkan.

1. Ambil Gambar dalam Jumlah Banyak

Perlu dipahami bahwa foto candid yang bagus yaitu foto yang menghasilkan ekspresi natural. Sekalipun gaya dalam foto sudah diarahkan, namun untuk eskpresi sebisa mungkin natural.

Maka dari itu, dalam memotret foto candid, alangkah baiknya ambil beberapa gambar dalam satu gaya. Setelah itu, pilih salah satu foto dengan ekspresi paling natural.

2. Manfaatkan Fitur Burst

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, untuk memudahkan Anda dalam mengambil foto dalam jumlah banyak, maka Anda disarankan untuk menggunakan fitur burst.

Perlu dipahami bahwa, fitur atau mode burst adalah fungsi kamera pada ponsel yang mempermudah Anda mengambil banyak foto dengan cepat. Dengan menggunakan fitur ini, maka Anda bisa mendapatkan foto estetik dengan cepat dan akurat.

Akan tetapi, jika ponsel pintar Anda belum dilengkapi dengan fitur ini, maka Anda bisa menggunakan cara pengambilan gambar manual. Yakni dengan menekan tombol kamera berulang kali.

3. Dekatkan Kamera ke Objek Foto

Tips memotrer candid photography lainnya yaitu dengan mendekatkan kamera ke objek foto. Sebenarnya, saat ini sudah ada fitur zoom yang bisa membuat objek foto terlihat lebih dekat. Hanya saja, di beberapa HP fitur zoom ini justru membuat kualitas foto menurun.

Maka dari itu, jika ingin mengambil foto jarak dekat, tak ada salahnya untuk mendekatkan kamera ke objek tersebut. Setelah itu, potret objek dari berbagai sudut pandang agar ekspresi dari model terlihat dengan jelas.

4. Terapkan Aturan Sepertiga

Aturan sepertiga atau rule of thirds dalam fotografi juga sering digunakan untuk menghasilkan foto candid yang bagus dan estetik. Pada kamera ponsel biasanya kita mendapati fitur grid yang membagi layar menjadi sembilan bagian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement