Episode Pertama Game of Thrones Musim ke-8 Dibajak 55 Juta Kali

Negara yang paling banyak melakukan pembajakan adalah India sekitar 10 juta kali dan Tiongkok mencapai 5 juta kali.
Michael Reily
22 April 2019, 10:24
game of thrones musim delapan, dibajak, hbo
WWW.HBO.COM
Salah satu adegan episode pertama Game of Thrones musim kedelapan. Episode yang tayang pada awal pekan lalu itu telah dibajak 55 juta kali dalam waktu hanya 24 jam.

Episode pertama Game of Thrones musim kedelapan telah dibajak 55 juta kali dalam waktu hanya 24 jam. Berdasarkan perusahaan analisis Muso, pembajakan itu dilakukan melalui lewat stream ilegal, unduhan, dan torrent.

Dilansir dari The Verge, Muso mengungkapkan 76,6% pembajakan itu merupakan tayangan tidak resmi, 12,2% unduhan ilegal, 11,3% adalah unduhan lewat torrent. Negara yang paling banyak melakukan pembajakan adalah India sekitar 10 juta kali dan Tiongkok mencapai 5 juta kali.

Chief Executive Officer Muso Andy Chatterley menyatakan musim terbaru Game of Thrones telah menjadi penantian lama para penggemar. Episode tersebut tayang perdana pada awal pekan lalu. "Karena konten tidak tersedia di daerah penggemar, mereka ingin mendapatkan hasil cepat karena takut tertinggal, atau mereka takut melihat video spoiler di media sosial," ujar Chatterley dalam The Independent, dikutip Senin (22/4).

Berdasarkan laporan Times, setelah mengungkapkan jumlah laporan unduhan ilegal, Muso mendapatkan investasi senilai £3.5 juta. Harwell Capital sebagai investor existing, menambah suntikan dana sebagai insentif untuk perang melawan pembajakan.

Andy Chatterley merupakan produser rekaman yang masuk nominasi Grammy, yang telah bekerja bersama Kylie Minogue dan Blondie.  Ia membuat Muso sebagai upaya melindungi hak para musisi serta stasiun penayangan.

(Baca: Pidato “Game of Thrones” Jokowi Disambut Meriah di Forum IMF-WB 2018)

Sebagai perbandingan, lHBO menyatakan jumlah penonton resmi serial ini mencapai 17,4 juta orang lewat tiga platform, yaitu kabel televisi, serta HBO Go dan HBO Now. Stasiun televise tradisional meraih penonton 11,8 juta orang, kemudian dua platform stream internet sebanyak 5,6 juta kali.

Dikutip New Tork Times, HBO menyatakan jumlah penonton resmi telah melampaui capaian episode terakhir musim ketujuh Game of Thrones. Dua tahun lalu, capaian penonton legal hanya sebanyak 16,9 juta kali.

Pekan lalu, di media sosial Twitter, 10 besar isu paling ramai juga membicarakan tentang episode terbaru Game of Thrones. Cerita yang menggambarkan kerajaan fiksi di Westeros sejak 2007 memang menjadi acara terlaku HBO.

(Baca: Game of Thrones Season 8 Siap Tayang, Biaya per Episode Rp 211 Miliar)

Pada musim ketujuhnya, HBO berhasil menarik jumlah penonton 32,8 juta orang di Amerika Serikat dalam setiap episode. HBO pun mengaku pertumbuhan bakal lebih baik pada rata-rata penonton musim kedelapan.

Game of Thrones tayang di 150 negara secara serentak seluruh dunia. Namun, HBO mengaku pengumpulan data di seluruh dunia sulit terjadi, sehingga menghitung hasil capaian sangat sulit untuk dilakukan.

 

Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing

Video Pilihan

Artikel Terkait