Serpihan & Barang Jadi Bukti Otentik KRI Nanggala Telah Tenggelam

Sorta Tobing
24 April 2021, 18:23
kri nanggala, kapal selam, tni, tni al
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
TNI menyatakan tenggelam kapal selam KRI Nanggala-402.

TNI menyatakan temuan barang di lokasi hilangnya KRI Nanggala-402 menjadi bukti otentik kapal selam itu telah tenggelam. Tim pencari menemukannya dalam kondisi terapung.

Barang-barang itu diyakini sebagai kompenen melekat di kapal selam. “Dan tidak akan terangkat ke luar kapal apabila tidak ada tekanan dari luar atau terjadi keretakan di peluncur torpedo,” kata Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono dalam konferensi pers, Sabtu (24/4). 

Selain menemukan tumpahan minyak juga ada komponen-komponen yang diyakini milik kapal KRI Nanggala-402. "Barang-barang ini tidak dimiliki oleh umum dan di sekitar radius 10 mil tidak ada kapal lain yang melintas sehingga diyakini ini adalah milik KRI Nanggala," ujarnya.

Komponen-komponen yang ditemukan adalah benda berwarna hitam yang merupakan bagian komponen peluncur torpedo, alas salat, spons atau busa penahan panas, benda berwarna putih pembungkus pipa pendingin dalam tulisan Korea Selatan, dan botol mineral cairan warna jingga.

Botol tersebut adalah grease alias pelumas. “Grease ini biasanya dipakai kru yang bertanggung jawab terhadap periskop. Jika terjadi kekeringan di kapal selam, maka dia akan melumuri di periskop tersebut itu," kata Yudo.

Sedangkan, pembungkus pipa pendingin dengan tulisan Korea Selatan ini adalah vertical over haul pada 2012. KRI Nanggala sempat mengalami perbaikan di Negeri Ginseng.

Dengan bukti-bukti otentik tersebut, status KRI Nanggala sudah naik dari submiss menuju subsunk. Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, status subsunk (tenggelam) juga berlaku karena pencarian telah dilakukan selama 72 jam.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...