Harga BBM Bakal Naik, Kemendag Siapkan 3 Jurus Agar Pangan Tidak Mahal

Andi M. Arief
18 Agustus 2022, 12:31
Pengemudi ojek daring menunjukkan daftar belanjaan pesanan warga di sela kunjungan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Kamis (18/8/2022). Kunjungan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan tersebut untuk memantau sistem digitalisa
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym.
Pengemudi ojek daring menunjukkan daftar belanjaan pesanan warga di sela kunjungan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Pasar Tomang Barat, Jakarta, Kamis (18/8/2022). Kunjungan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan tersebut untuk memantau sistem digitalisasi pasar yang telah dilakukan oleh pedagang melalui program GrabMart Pasar dari Grab Indonesia.

Kementerian Perdagangan atau Kemendag menyiapkan tiga program untuk mengantisipasi dampak kenaikan bahan bakar minyak terhadap harga pangan.  Pasalnya kenaikan harga bahan bakar minyak akan menambah biaya logistik yang akan dibebankan ke konsumen.

"Program untuk mengendalikan harga bahan pokok dari peningkatan harga BBM ada tiga, yakni Tol Laut, Jembatan Udara, sama Gerai Maritim," kata Plt. Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, Isy Karim, di Pasar Tomang Barat, Kamis (18/8).

Program tol laut yang digaungkan Presiden Joko Widodo bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di Indonesia sehingga bisa menekan biaya logistik. Sementara Jembatan udara adalah pelaksanaan angkutan udara kargo dari bandara ke ke bandara di daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan.

Menurut Isy, Kementerian Perdagangan akan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan untuk menjalankan dua program tersebut. Sementara itu, Kemendag bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dalam menjalankan program Gerai Maritim. Gerai Maritim merupakan program bantuan logistik darat di tingkat pemerintah daerah.

Minyak Goreng

Isy mengatakan Kemendag juga akan menaikkan insentif jarak dalam program distribusi minyak goreng curah. Hal tersebut dilakukan sebagai respon dari kenaikan harga BBM secara tahun berjalan.

Menurutnya, insentif distribusi ke wilayah timur Indonesia kini telah naik menjadi 1:1,5 dari sebelumnya sebanyak 1:1,3.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...