UMP 2023 Naik hingga 10%, Kadin Minta Insentif Industri Padat Karya

Tia Dwitiani Komalasari
22 November 2022, 11:18
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Arsjad Rasjid, menghadiri BNEF Summit 2022 yang menjadi salah satu rangkaian acara KTT G20 Bali (12/11/2022).
Katadata / Wahyu Dwi Jayanto
Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), Arsjad Rasjid, menghadiri BNEF Summit 2022 yang menjadi salah satu rangkaian acara KTT G20 Bali (12/11/2022).

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia Arsjad Rasjid meminta agar kebijakan kenaikan upah minimum yang ditetapkan pemerintah disesuaikan dengan kondisi di setiap sektor agar tidak kontraproduktif. Selain itu, Kadin juga meminta agar pemerintah memberikan insentif bagi industri padat karya dan industri berorientasi ekspor yang terdampak pelemahan ekonomi global.

Arsjad mengatakan bahwa Kadin mengapresiasi kebijakan pemerintah terkait kenaikan upah minimum. Namun demikian, dia mengatakan bahwa tidak semua sektor memiliki pertumbuhan dan iklim bisnis yang sama saat ini.

"Kebijakan kenaikan upah minimum pada satu periode sebaiknya menargetkan pada industri dengan laju pertumbuhan ekonomi terbesar atau winning industry pada periode tersebut. Jika tidak, kebijakan kenaikan upah tersebut akan memberatkan pelaku usaha," katanya seperti dikutip dari Antara, Selasa (22/11).

Arsjad tidak menampik bahwa tantangan ekonomi global yang dipicu oleh konflik geopolitik terus memicu lonjakan inflasi yang berimbas pada kenaikan harga bahan pokok dan daya beli masyarakat. Di sisi lain dengan tantangan yang sama, industri dalam negeri juga merasakan dampak yang berbeda-beda.

Menurutnya, pemerintah perlu merumuskan kebijakan pengupahan yang lebih tertarget, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan karakter setiap sektor industri.

Kebijakan pengupahan tersebut juga perlu bersifat adil, yang tidak memberatkan pelaku usaha dan tidak merugikan tenaga kerja atau buruh. Pasalnya, baik pelaku usaha maupun tenaga kerja, keduanya merupakan siklus pertumbuhan ekonomi yang tidak dapat dipisahkan.

Insentif industri

Sejalan dengan itu, Arsjad mengatakan, kebijakan upah minimum seyogyanya disertai dengan pemberian insentif yang ditargetkan pada industri tertentu dan tepat sasar sesuai dengan kondisi sektoral.

Menurut dia, industri padat karya yang menyerap lebih banyak tenaga kerja dan menciptakan lapangan pekerjaan berbeda karakternya dengan industri padat modal yang mengandalkan teknologi dan modal besar.

Begitu juga industri yang berorientasi pada ekspor seperti industri alas kaki dan pakaian jadi, berbeda dengan industri yang berorientasi pada impor, seperti makanan dan minuman yang mengandalkan bahan baku sereal, industri plastik, dan perlengkapan elektronik.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...